Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Dekorasi Ruang Tamu Maksimal yang Cantik dan Menarik

Kompas.com - 18/02/2024, 17:46 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber My Domaine


JAKARTA, KOMPAS.com - Selain desain minimalis, ada juga desain interior maksimalis. Berbeda dengan desain minimalis yang mengutamakan kesederhanaan, desain maksimalis justru menggunakan banyak ornamen dekorasi secara bersamaan.

Dekorasi ruangan maksimalis menggunakan banyak warna, tekstur, pola, dan bentuk, sehingga menciptakan tampilan ruangan yang menyenangkan dan personal.

Baca juga: Tips Mendesain Kamar Tidur Maksimalis

Dekorasi interior maksimalis bisa ditampilkan pada berbagai ruangan, termasuk ruang tamu. Dilansir dari My Domaine, Minggu (18/2/2024), berikut ide dekorasi ruang tamu maksimalis yang cantik dan menarik.

Pilih warna monokrom yang senada

Ilustrasi ruang tamuShutterstock/Pinkystock Ilustrasi ruang tamu

Palet warna monokromatik bisa digunakan pada ruangan bergaya maksimalis. Warna monokrom tidak harus hitam dan putih, warna cerah juga bisa dibuat skema monokromatik yang senada dan cantik.

Warna monokrom bisa dipadukan dengan wallpaper bermotif dan ornamen dekorasi bertekstur untuk memberikan kesan maksimalis yang unik, namun tidak berlebihan.

Baca juga: 5 Cara Membuat Skema Warna Monokrom Menurut Ahli

Pasang lampu gantung cantik

Ide dekorasi ruang tamu maksimalis lainnya yaitu memasang lampu gantung cantik di tengah ruangan.

Lampu gantung yang mewah akan terlihat semakin menawan apabila dipadukan dengan sofa beludru. Tampilkan juga motif wallpaper yang menarik untuk membuat ruangan terlihat maksimalis.

Hiasi dinding dengan cermin

Cermin merupakan salah satu ornamen dekorasi yang cocok digunakan di ruang tamu maksimalis. Tak hanya cantik dan menarik, cermin membuat ruang tamu terlihat cerah dan lapang karena cermin bisa memantulkan dan menyebarkan cahaya di seluruh ruangan.

Selain cermin, hiasan dinding lainnya yang bisa digunakan pada ruang tamu maksimalis yaitu lukisan atau karya seni autentik.

Baca juga: Tips Memilih dan Meletakkan Cermin di Ruang Tamu

Letakkan karpet bermotif

Karpet bermotif juga bisa ditempatkan di ruang tamu maksimalis. Karpet bermotif tak hanya membuat ruangan lebih cantik, namun juga membuat ruang tamu terasa hangat dan nyaman.

Karpet bermotif cocok dipadukan dengan kursi beludru, sehingga ruang tamu terasa semakin nyaman, hangat, dan tenang.

Menghias ruang tamu dengan tanaman

Ilustrasi tanaman hias di ruang tamuShutterstock/Ground Picture Ilustrasi tanaman hias di ruang tamu

Tanaman hias juga bisa ditampilkan pada ruang tamu maksimal. Tanaman hias akan menciptakan suasana alami dan segar di ruang tamu maksimalis.

Baca juga: 5 Tips Menata Tanaman Hias di Ruang Tamu

Tata tanaman hias di rak terbuka atau di sudut ruangan, sehingga ruang tamu terlihat semakin menarik dan estetik.

Itulah beberapa ide dekorasi ruang tamu maksimalis yang dapat mempercantik rumah.

Meski menggunakan banyak dekorasi ruangan, ruang tamu maksimalis tetap terlihat cantik dan tidak berlebihan apabila didesain dengan benar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com