Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih dan Meletakkan Cermin di Ruang Tamu

Kompas.com - 20/09/2022, 07:48 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cermin adalah salah satu pilihan elemen dekorasi yang dapat memberikan suasana lapang dan terang di ruangan, terutama ruang tamu.

Penata interior di ScS, Vicki Foster, menjelaskan, menempatkan cermin dengan tepat di ruang tamu dapat mengoptimalkan cahaya alami, membuat ruangan terasa lebih besar, serta suasana lebih bahagia. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Air pada Cermin Kamar Mandi

Catherine Cornelissen, pendiri dan Direktur Dekoralis, mengatakan meletakkan cermin di posisi tepat di ruang tamu dapat mengubah ruangan secara total.

Cermin tidak hanya meningkatkan ruang secara estetis, tetapi juga memberikan keajaiban dari perspektif praktis serta mengangkat ruangan terasa lebih ringan, cerah, dan besar. 

Bagaimana cara memilih cermin di ruang tamu?

Ilustrasi cermin, ilustrasi kaca.SHUTTERSTOCK / Africa Studio Ilustrasi cermin, ilustrasi kaca.
Cermin dinding yang ramping dengan bingkai sederhana sangat cocok untuk ruang tamu minimalis. Sementara cermin ruang tamu dekoratif, seperti yang memiliki bingkai hiasan, berfungsi baik sebagai aksen.

Isi sudut kosong dengan cermin tinggi yang lebih ramping dan pilih cermin melengkung di atas rak ruang tamu.  

Baca juga: Mengapa Tidak Boleh Menggantung Cermin di Atas Tempat Tidur?

"Memilih cermin yang tidak hanya fungsional, tetapi sama-sama menarik dan unik dalam penampilan sehingga mnciptakan titik fokus yang dapat menyatukan seluruh ruang," tambah Catherine dilansir dari House Beautiful, Selasa (20/9/2022). 

Namun, Sam Hood, co-founder dan Chief Creative Officer di Amara, menyarankan menghindari dorongan berlebihan.

"Cermin bekerja baik dalam kombinasi untuk membantu memantulkan cahaya satu sama lain dan di sekitar ruangan. Menambahkan terlalu banyak dapat membuat tamu merasa tidak nyaman." 

Baca juga: Cara Tepat Meletakkan Cermin agar Ruangan Tampak Lebih Besar 

Di mana harus meletakkan cermin di ruang tamu?

Ilustrasi cermin.SHUTTERSTOCK / Followtheflow Ilustrasi cermin.
Berbeda dengan cermin lorong, ada banyak pilihan yang tersedia ketika memilih lokasi utama untuk cermin di ruang tamu. Pertimbangkan apa yang akan dipantulkan di cermin selain banyak cahaya yang indah.

Martin Waller, pendiri Andrew Martin, mengatakan memikirkan tentang apa yang ingin Anda  refleksikan melalui cermin.

Misalnya, ingin dapat melihat karya seni favorit Anda dari sudut ruangan yang tak terduga atau menggantung satu cermin di seberang jendela untuk memantulkan bagian luar ke dalam ruangan.

Semakin besar cermin, semakin lebih baik untuk memberikan lebih banyak cahaya dan ruang di sebuah ruangan.  

Baca juga: 3 Tips Memilih Cermin yang Tepat untuk Dekorasi Ruangan 

Apa manfaat memiliki cermin di ruang tamu?

Pertama, pantulan cahaya menciptakan perasaan ruang yang lebih terang dan lapang.

Yvonne Keal, Manajer Produk Senior di Hillarys, menjelaskan, menempatkan cermin di dinding yang berdekatan dengan jendela atau pintu kaca akan menipu mata untuk berpikir bahwa ruang tamu lebih besar dan memantulkan cahaya ke semua sudut ruangan. 

Selanjutnya, cermin berfungsi sebagai dekoratif dan cara bagus menambah daya tarik ke rumah. Cermin juga berfungsi baik sebagai titik fokus ruangan.

Di sinilah, cermin benar-benar memiliki pengaruhnya, membantu menambahkan beberapa drama ke sebuah ruangan, dan mencerminkan kepribadian Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com