Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tren Furnitur Ruang Tamu yang Bakal Populer di 2024

Kompas.com - 17/02/2024, 16:57 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Furnitur merupakan salah satu perlengkapan penting di dalam ruang tamu. Furnitur di ruang tamu tak hanya fungsional, namun juga bisa menjadi ornamen dekorasi yang membuat ruangan terlihat semakin menarik.

Sebagai ornamen dekorasi, tren furnitur ruang tamu selalu mengalami perubahan. Setiap warna dan bentuk furnitur menghadirkan suasana berbeda di dalam ruang tamu.

Dilansir dari Homes and Gardens, Sabtu (17/2/2024), berikut ini tren furnitur ruang tamu yang akan populer di 2024.

Baca juga: 7 Tren Furnitur 2024 Menurut Para Desainer

Furnitur bermotif

Ilustrasi furnitur bermotifPIXABAY/SVKLIMKIN Ilustrasi furnitur bermotif

Furnitur bermotif bisa memberikan kepribadian dan karakter di ruang tamu. Maka dari itu, daripada memilih sofa polos berwarna putih atau abu-abu, sebaiknya pilih motif yang bermotif menarik.

Emily Brown, dari Emily Lauren Interiors mengatakan di tahun ini banyak pemilik rumah yang memilih furnitur berlapis dan memiliki motif.

Bahkan, di rumah minimalis seringkali menggunakan furnitur garis-garis dengan warna kaya seperti cokelat, merah anggur, biru, dan hijau. Warna tersebut membuat ruangan terasa modern dan abadi.

Baca juga: 6 Ide Furnitur Rotan dan Anyaman yang Estetik

Namun, apabila tidak terbiasa menata motif berani di ruang tamu, cobalah untuk memadukan detail yang lebih halus dan netral agar ruangan tidak terbebani. Misalnya, menggunakan sofa bergaris klasik di depan tirai linen dari lantai ke langit-langit yang membuat ruangan terasa hangat dan halus.

Selain itu, letakkan juga meja kopi dari kayu ek berwarna putih untuk memberikan kesan bersahaja dan cantik.

Furnitur dengan kain berumbai seperti rok

Tren furnitur ruang tamu lainnya yang diprediksi akan populer di tahun yaitu furnitur dengan kain berumbai menyerupai rok. Bangku atau sofa yang memiliki kain seperti rok banyak disukai karena bisa memberikan kesan santai.

Namun, perlu diketahui bahwa sofa dengan rok termasuk furnitur tradisional. Maka dari itu, untuk menghindari kesan kuno pada ruangan, pertimbangkan untuk memadukannya dengan fitur yang lebih kontemporer.

Baca juga: 7 Furnitur Multifungsi yang Dapat Digunakan di Ruang Keluarga Kecil

Tata letak furnitur informal

Tren furnitur ruang tamu tak hanya pada model dan warna furnitur, namun juga berkaitan dengan tata letak furnitur tersebut.

Di tahun ini, tata letak furnitur informal diprediksi akan populer dan banyak disukai. Shannon Wollack, pendiri Studio Lifestyle menyarankan untuk menata furnitur secara alami agar terlihat natual dan nyaman.

Furnitur dengan rangka dan kaki dari kayu ekspos

Ilustrasi furnitur ruang tamu dengan kerangka kayuShutterstock/Followtheflow Ilustrasi furnitur ruang tamu dengan kerangka kayu

Sofa dan kursi berlapis kain bisa membuat ruang tamu terasa nyaman. Kursi berlapis kain sangat cocok dipadukan dengan rangka dan kaki dari kayu ekspos untuk memberikan sentuhan kontemporer dan tak lekang oleh waktu.

Selain itu, material kayu pada rangka furnitur juga membuat ruang tamu terlihat lebih estetik, natural, dan cantik.

Baca juga: 5 Furnitur Multifungsi yang Bisa Memaksimalkan Ruangan Kecil

Lemari tinggi

Terakhir, tren furnitur ruang tamu lainnya yaitu lemari tinggi. Furnitur ini akan membuat ruang tamu lebih fungsional karena lemari bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang.

Sebaiknya pilih lemari dari kayu dengan pintu terbuat dari kaca agar barang-barang yang disimpan di dalam lemari terlihat dari luar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com