Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menata Ruang Tamu yang Benar Menurut Desainer Interior

Kompas.com - 22/11/2023, 12:43 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comRuang tamu merupakan salah satu ruangan penting di rumah. Sesuai dengan namanya, ruangan ini digunakan untuk menerima tamu yang datang ke rumah.

Selain berfungsi untuk menerima tamu, ruang tamu juga sering digunakan untuk bersantai bersama keluarga, menonton televisi, bahkan menyelesaikan pekerjaan.

Pentingnya peran ruang tamu membuat ruangan ini perlu ditata senyaman mungkin. Selain memperhatikan kenyamanan, ruang tamu juga perlu ditata dengan rapi dan cantik agar rumah semakin terlihat menarik.

Baca juga: 6 Cara Menata Ruang Tamu Menurut Feng Shui, Ciptakan Kenyamanan

Dilansir dari Rela Simple, Rabu (22/11/2023), berikut ini tips menata ruang tamu yang benar menurut desainer interior.

Perhatikan titik fokus ruangan

Sebelum mendekorasi ruang tamu, kamu perlu memperhatikan titik fokus ruangan terlebih dahulu. Tamara Younis dari Union of Art Interiors merekomendasikan untuk memulai dengan titik fokus dan mengaturnya.

Tamara menyebutkan titik fokus ruangan bisa berupa menempelkan TV di dinding atau mempercantik ruangan dengan ornamen dekorasi lain.

Ilustrasi jam dinding yang menjadi titik fokus di ruang tamuShutterstock/Ground Picture Ilustrasi jam dinding yang menjadi titik fokus di ruang tamu

Kamu juga bisa memanfaatkan detail arsitektur sebagai titik fokus pada ruang tamu tersebut.

Ikuti aturan 2:3

Tips menata ruang tamu lainnya yaitu mengikuti aturan 2:3. Desainer interior Tamara Honey dari House of Honey menjelaskan bahwa aturan 2:3 yaitu sofa harus harus setara dengan 2/3 ukuran ruangan tersebut.

Baca juga: Hindari, 5 Kesalahan Saat Menata Ruang Tamu

Namun, jika ruang tamu digunakan juga sebagai ruang makan dan ruang bekerja, mungkin aturan tersebut tidak bisa diterapkan. Untuk ruangan yang multifungsi, kamu bisa mengkreasikannya sesuai dengan kebutuhan.

Letakkan sofa di ruang tamu

Sofa merupakan salah satu furnitur yang ada di ruang tamu. Sebaiknya, sofa tidak langsung menempel di dinding.

Akan tetapi, cara penempatan sofa seperti ini mungkin kurang praktis, terutama jika ruang tamu berukuran kecil. Maka dari itu, pastikan ukuran sofa harus dengan ukuran ruang tamu. Dengan demikian, ruang tamu tetap terasa longgar dan nyaman.

Pertimbangkan fungsi ruangan

Hal lain yang juga perlu dipertimbangkan saat menata ruang tamu yaitu mempertimbangkan fungsi dari ruangan tersebut. Kamu perlu mengetahui fungsi ruangan tersebut karena penataan ruangan disesuaikan dengan fungsi ruangan.

Baca juga: 4 Cara Memilih Ukuran Karya Seni untuk Ruang Tamu

Jika ruangan tersebut digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti menerima tamu, bersantai, maupun bekerja, maka kamu bisa meletakkan sofa modular yang fleksibel.

Perhatikan nilai estetika

Selain fungsi, hal lain yang juga perlu diperhatikan saat menata ruang tamu yaitu nilai estetika agar ruangan terlihat lebih menarik.

Younis menyarankan untuk tidak menggunakan pendekatan universal. Sebab, setiap ruangan punya karakternya masing-masing, sehingga kombinasi ornamen dekorasi perlu dipertimbangkan dengan matang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com