Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/12/2023, 19:02 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livspace


JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan bagian dari rumah yang fungsinya sangat penting. Selain digunakan untuk memasak, dapur juga seringkali digunakan sebagai ruang berkumpul bersama keluarga.

Walaupun demikian, tak semua rumah memiliki dapur yang luas. Di rumah sempit dan minimalis, terkadang dapur dibuat lebih kecil dibandingkan dengan ruangan lain.

Meski sempit, dapur tetap terasa nyaman dengan penataan yang tepat. Dikutip dari Livspace, Selasa (26/12/2023), berikut ini tips membuat dapur kecil terlihat lebih luas.

Baca juga: 7 Cara Menata Dapur Kecil Tanpa Pantry

Terapkan aturan segitiga emas

Ilustrasi dapur kecilSHUTTERSTOCK/YURY STROYKIN Ilustrasi dapur kecil

Salah satu cara menata dapur kecil agar terlihat lebih luas yaitu dengan menerapkan sistem segitiga emas. Caranya dengan meletakkan kompor, kulkas, dan wastafel dalam garis segitiga.

Selain membuat dapur terasa lebih luas, penataan seperti ini juga memudahkan akses terutama pada dapur paralel agar mobilitas tidak terganggu.

Tak hanya itu, di dapur sempit sebaiknya menggunakan dinding tunggal. Artinya, semua peralatan, penyimpanan, dan area memasak berada di satu baris.

Baca juga: 5 Cara Mengatur Dapur Kecil agar Lebih Tertata

Gunakan warna netral

Tips membuat dapur kecil terlihat lebih luas lainnya yaitu menggunakan warna-warna netral, seperti putih, hitam, dan abu-abu. Warna netral akan membuat dapur terlihat lebih berkesan.

Dari berbagai pilihan warna netral, sebaiknya gunakan warna putih lebih banyak karena warna ini bisa membuat dapur terasa lebih luas dan terang.

Warna putih bisa diterapkan pada lemari, meja, dinding, dan plafon rumah. Lapisi warna putih dengan tekstur dan pola yang menarik.

Baca juga: 3 Ide Dapur Putih yang Modern dan Populer

Gunakan lemari yang tinggi

Di dapur sempit, manfaatkan lemari yang ukurannya tinggi. Pilihlah lemari setinggi plafon untuk memberikan kesan dapur yang ramping dan luas.

Selain itu, lemari yang tinggi juga memiliki tempat penyimpanan yang banyak, sehingga bisa menampung banyak perlengkapan dapur dan bahan makanan.

Sementara itu, untuk menambahkan kedalamanan, gunakanlah pintu kaca. Namun, jika ingin memiliki privasi, maka pilihlah panel tersembunyi untuk menciptakan bayangan yang bergaya dan halus.

Baca juga: 7 Tips Memilih Lemari Dapur Menurut Desainer

Manfaatkan lemari sudut yang dapat diputar

Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit. SHUTTERSTOCK/JANTSARIK Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit.

Untuk memberikan kesan lebih luas di dapur sempit, gunakanlah lemari sudut yang dapat diputar. Lemari ini bisa digunakan untuk menyimpan bumbu-bumbu maupun perlengkapan dapur yang ukurannya kecil.

Penyimpanan cerdas ini juga membuat dapur terlihat minimalis dan ramping. Dengan menggunakan lemari sudut, maka setiap ruang di dapur bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Pasang jendela besar

Terakhir, tips membuat dapur kecil terlihat lebih luas yaitu memasang jendela yang ukurannya cukup besar. Jendela besar membuat cahaya matahari masuk ke dapur dengan leluasa.

Selain itu, jendela juga bisa memberikan ilusi ruangan yang lebih luas dan terang. Jendela besar juga akan membuat dapur terasa lebih hangat dan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com