Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2024, 14:27 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber My Domaine


JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kamar mandi yang bersih dan harum sepanjang waktu merupakan keinginan setiap orang. Kamar mandi wangi bisa membuat mendatangkan kenyamanan dan kebahagiaan tersendiri.

Akan tetapi, menjaga kamar mandi tetap wangi sepanjang waktu tidaklah mudah. Butuh perlakukan khusus agar kamar mandi selalu dalam kondisi harum dan segar.

Baca juga: 8 Cara agar Kamar Mandi Wangi Tanpa Menggunakan Pengharum Ruangan

Dilansir dari My Domaine, Senin (19/2/2024), berikut ini tips membuat kamar mandi wangi sepanjang waktu.

Jaga kamar mandi agar selalu bersih

Ilustrasi kamar mandi bersihUnsplash/@3dottawa Ilustrasi kamar mandi bersih

Cara termudah untuk membuat kamar mandi selalu harum yaitu dengan rutin membersihkannya. Pastikan setiap sudut kamar mandi dalam kondisi bersih.

Kegiatan membersihkan kamar mandi bisa dilakukan setiap dua hari sekali. Selain membuat kamar mandi tetap harum, rutin membersihkan kamar mandi juga menjadi salah satu upaya mencegah persebaran penyakit.

Baca juga: 6 Tips Membersihkan Kamar Mandi dengan Mudah

Gunakan diffuser berukuran kecil

Diffuser adalah perlengkapan rumah tangga yang bisa melepaskan aroma ke udara lewat panas, udara bertekanan, atau ultrasonik. Biasanya, diffuser diisi dengan minyak esensial yang mengeluarkan aroma harum.

Diffuser bisa diletakkan di setiap ruangan, termasuk kamar mandi. Meletakkan diffuser di kamar mandi akan membuat ruangan ini selalu harum dan segar seperti di spa. Diffuser dapat ditempatkan di belakang wastafel, belakang kloset, atau di rak kamar mandi.

Singkirkan handuk lembap

Selanjutnya, tips membuat kamar mandi wangi sepanjang waktu yaitu menyingkirkan handuk yang lembap. Sebab, handuk lembap merupakan salah satu pemicu aroma tak sedap di kamar mandi.

Selain menyebabkan bau, handuk lembap juga bisa menjadi tempat pertumbuhan jamur dan bakteri. Maka dari itu, jangan gantungkan handuk lembap di kamar mandi.

Sebaiknya, keluarkan handuk yang lembap dan gantung atau jemur di area yang terkena sinar matahari langsung.

Baca juga: 6 Ide Kreasi Tempat Simpan Handuk di Kamar Mandi

Pastikan kamar mandi memiliki ventilasi udara

Ventilasi udara berguna untuk menjaga agar sirkulasi udara di dalam ruangan tetap lancar. Dengan demikian, udara di dalam ruangan tetap segar.

Hal ini juga berlaku pada sirkulasi udara di kamar mandi. Jika kamar mandi memiliki sirkulasi udara, maka udara di kamar mandi tetap segar dan kamar mandi terhindar dari aroma tak sedap.

Oleh karena itu, saat membuat kamar mandi, jangan lupa untuk memasang ventilasi udara untuk menjaga kualitas udara di ruangan tersebut.

Letakkan tanaman herba

Ilustrasi tanaman hias di kamar mandi.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi tanaman hias di kamar mandi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com