Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2024, 21:11 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat merenovasi kamar mandi, salah satu hal yang penting untuk diperhatikan yaitu ubin yang digunakan.

Tak hanya dipasang di lantai, ubin juga dipasang di sekitar bak mandi, wastafel, hingga dinding kamar mandi. Ubin yang dipasang di kamar mandi sebaiknya berukuran besar agar proses pemasangan lebih cepat.

Baca juga: 6 Ide Ubin Kamar Mandi yang Cantik dan Mencerahkan

Selain itu, ubin berukuran besar juga membuat kamar mandi terlihat lebih menarik. Dikutip dari Home Decor Bliss, Senin (22/1/2024), berikut ini ide ubin berukuran besar di kamar mandi.

Ubin klasik

Ilustrasi kamar mandi sederhana dan anggunSHUTTERSTOCK/PAVEL ADASHKEVICH Ilustrasi kamar mandi sederhana dan anggun

Ubin klasik berwarna putih memang tak lekang oleh zaman. Ubin ini bisa digunakan di berbagai ruangan, tak terkecuali di kamar mandi.

Ubin klasik biasanya berwarna putih, sehingga bisa dipadukan dengan warna apapun. Meski demikian, ubin berwarna putih membutuhkan perawatan ekstra karena saat kotor, nodanya akan lebih mudah terlihat.

Baca juga: 7 Pilihan Ubin Kamar Mandi, Kelebihan dan Kekurangannya

Ubin berwarna hitam

Selain ubin berwarna putih, ubin hitam juga bisa menjadi ide ubin berukuran besar di kamar mandi. Ubin hitam bisa menciptakan suasana yang tenang dan nyaman.

Berbeda dengan putih, ubin hitam relatif minim perawatan. Tak hanya itu, sebagai warna netral, ubin hitam juga dapat dikombinasikan dengan warna lain.

Marmer

Ubin berukuran besar juga bisa berasal dari material marmer. Ubin marmer memiliki motif alami yang cantik.

Biasanya, ubin marmer memiliki warna netral seperti putih dan abu-abu. Ubin marmer membuat kamar mandi lebih mewah dan elegan.

Baca juga: Ini Ruangan yang Cocok untuk Penggunaan Marmer

Ubin bermotif kayu

Ide ubin berukuran besar lainnya yang bisa dipasang di kamar mandi yaitu ubin kayu. Di kamar mandi, ubin kayu tak harus terbuat dari kayu asli.

Sebab, kayu asli tidak tahan lama karena bisa busuk dan melengkung seiring bertambahnya waktu pakai. Sebagai gantinya, pilihlah ubin keramik bermotif dan berwarna kayu.

Ubin keramik bermotif kayu membuat kamar mandi terasa nyaman dan estetik. Selain itu, motif kayu juga memberikan kesan alami yang segar.

Ubin berwarna cokelat

ilustrasi kamar mandi dengan ubin warna cokelatShutterstock/NeonShot ilustrasi kamar mandi dengan ubin warna cokelat

Selain ubin kayu, ubin polos berwarna cokelat juga bisa menjadi pilihan. Ubin cokelat bisa menciptakan kamar mandi yang hangat dan nyaman.

Ubin cokelat bisa dipasang di bak mandi maupun dinding kamar mandi. Padukan ubin cokelat dengan ubin lantai bermotif kayu untuk membuat kamar mandi terlihat semakin estetik.

Baca juga: 5 Tren Ubin Kamar Mandi yang Bakal Populer pada 2023

Ubin batu

Terakhir, ide ubin berukuran besar di kamar mandi yaitu ubin batu. Ubin ini memiliki ukuran, bentuk, dan warna yang beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan.

Ubin ini memiliki motif alami yang cantik, sehingga membuat kamar mandi semakin menarik. Kesan natural juga akan semakin terasa saat menggunakan ubin batu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com