Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Memilih Lantai Kamar Mandi dan Dapur yang Antilicin

Kompas.com - 01/01/2024, 12:15 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih jenis lantai yang tidak licin di dalam rumah, terutama untuk kamar mandi dan dapur merupakan hal menantang. 

Sebab, kedua area ini sering terpapar air yang menyebabkan permukaannya rentan licin. Akibatnya, berisiko membuat terpeleset, bahkan jatuh, terlebih pada anak-anak serta lansia. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Lantai Laminasi Tidak Licin 

Karena itu, keselamatan menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan saat memilih lantai kamar mandi dan dapur.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa cara memilih lantai kamar mandi dan dapur yang antilicin

Pilih bahan dan ukuran yang tepat

Ilustrasi dapur dengan jendela besarShutterstock/ImageFlow Ilustrasi dapur dengan jendela besar
Langkah pertama adalah memilih lantai atau keramik dengan permukaan kasar atau tekstur tidak rata. Keramik dengan permukaan halus cenderung lebih licin. 

Barep, staf toko bangunan Mitra 10 di Jakarta, menyarankan menggunakan lantai atau keramik bertekstur kasar untuk kamar mandi demi keamanan. 

Selain itu, pilih keramik dengan ukuran besar guna memberikan lebih banyak area cengkeram dan permukaan lebih kasar dibanding keramik kecil. 

Kemudian, pilih warna dan motif lantai yang sesuai dengan furnitur serta desain rumah. 

Baca juga: 10 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Kamar Mandi, Apa Saja?

Cek kualitas keramik

Selanjutnya, cara memilih lantai kamar mandi dan dapur yang antilicin adalah mengecek kualitas lantai atau keramik.

Kualitas keramik biasanya dikelompokan berdasarkan KW-1, KW-2, KW-3, yang masing-masing kategori tersebut mempunyai standar kualitas tertentu.

"Selain merek tertentu yang memang berkualitas bagus, ada juga tipe KW-1 dan seterusnya. Kalau di kami semuanya KW-1, tidak ada KW-2, KW-3 begitu," ujar Barep kepada Kompas.com, Senin (1/1/2024). 

Jangan lupa menanyakan kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis lantai atau keramik guna mendapatkan pilihan yang cocok dengan kebutuhan serta keinginan. 

Selain itu, pelajari struktur dan teknik pemasangan agar keramik lebih kuat serta tahan menghadapi beban sehingga tidak rentan pecah dan mencegah risiko terpeleset. 

Baca juga: Hindari, Ini 5 Kesalahan Saat Menata Lantai Kamar Mandi

Pakai pengaman tambahan

Ilustrasi kamar mandi yang menggunakan keramik dengan warna terangShutterstock Ilustrasi kamar mandi yang menggunakan keramik dengan warna terang
Untuk area kamar mandi yang sering digunakan, sebaiknya menambah pengamanan. Misalnya, rail pegangan, permukaan yang luas dipijak, karpet, keset dari karet, atau pegangan di kamar mandi. 

Selain itu, untuk mencegah licin, lakukan metode perawatan yang tepat. Gunakan pembersih yang sesuai agar permukaan lantai tetap bersih dan bebas kotoran, yang berpotensi membuat lantai semakin licin. 

Pakai antislip

Terakhir, cara memilih lantai kamar mandi dan dapur yang antilicin adalah memakai antislip. Lapisan antislip, seperti epoxy, dapat ditemukan di toko-toko peralatan rumah tangga atau toko bangunan.

Tanya kepada petugas dan ikuti petunjuk penggunaannya agar memberikan hasil yang optimal. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com