Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, Ini 5 Kesalahan Saat Menata Lantai Kamar Mandi

Kompas.com - 24/12/2023, 15:50 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Ideal Home


JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai kamar mandi yang bagus dan tertata rapi, akan membuat tampilan kamar mandi lebih estetik.

Selain itu, lantai kamar mandi juga membuat kamar mandi bisa berfungsi dengan baik. Walaupun demikian, terkadang ada kesalahan saat menata lantai kamar mandi.

Baca juga: 5 Warna yang Cocok untuk Lantai Kamar Mandi Berwarna Hitam Putih

Kesalahan tersebut tak hanya mengganggu tampilan kamar mandi, namun juga bisa mengganggu fungsi dari ruangan tersebut.

Dikutip dari Ideal Home, Minggu (24/12/2023), berikut beberapa kesalahan saat menata lantai kamar mandi yang perlu dihindari.

Memasang karpet

ilustrasi karpet di lantai kamar mandiShutterstock/iamsuleyman ilustrasi karpet di lantai kamar mandi

Dahulu, karpet kamar mandi sangat populer karena membuat kamar mandi terlihat lebih menarik. Namun, saat ini sebaiknya karpet tidak dipasang di kamar mandi.

Barrie Cutchie, direktur desain di BC Designs mengatakan karpet bisa membuat kamar mandi tidak higienis karena tidak dapat dibersihkan.

Baca juga: Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi agar Kembali Kinclong

Selain itu, banyaknya air di sekitar karpet juga bisa membuat karpet basah dan sulit kering, sehingga berisiko memicu munculnya jamur.

Akan tetapi, jika ingin tetap menambahkan tekstur di lantai kamar mandi, maka sebaiknya gunakan karpet yang dirancang khusus untuk kamar mandi.

Karpet khusus kamar mandi biasanya dibuat dengan lapisan kedap air, sehingga cocok untuk ruangan yang mudah basah, seperti kamar mandi. Meski demikian, karpet khusus ini harganya relatif lebih mahal dibandingkan karpet lain.

Baca juga: 7 Inspirasi Warna Lantai Kamar Mandi yang Estetik

Menggunakan lantai laminasi

Kesalahan saat menata lantai kamar mandi lainnya yaitu memasang lantai laminasi. Para ahli mengatakan lantai laminasi tidak berfungsi dengan baik pada kondisi lembap, sehingga kurang cocok untuk kamar mandi, terutama kamar mandi kecil.

Barrie juga menyebutkan bahwa lantai laminasi biasanya tidak tahan air. Lantai ini bahkan perlu segera dibersihkan saat terkena air agar tidak melengkung.

Sebagai gantinya, sebaiknya gunakan lantai kamar mandi yang tahan air seperti ubin keramik atau porselen. Lantai ini relatif lebih tahan lama, sehingga tidak perlu mengganti setiap tahun.

Baca juga: Simak, Ini Cara Memasang Lantai Laminasi di Rumah

Menggunakan ubin dari batu alam

Selain lantai laminasi, ubin dari batu alam juga sebaiknya tidak digunakan di kamar mandi. Meski memberikan nuansa alami yang bersahaja, ubin dari batu alam membutuhkan perawatan yang cukup rumit.

Martin Winterburn, manajer pemasaran di Total Tiles bahkan mengatakan perawatan ubin dari batu alam lebih tinggi dibandingkan material lantai lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com