Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Backsplash Dapur yang Cocok Dipadukan dengan Lemari Putih

Kompas.com - 13/11/2023, 15:40 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comBacksplash adalah ubin atau papan khusus yang dipasang di area di dekat kompor.

Backsplash dibuat untuk memperindah dapur sekaligus melindungi dinding dari cipratan minyak dan makanan. Dalam memasang backsplash, kamu perlu memperhatikan konsep interior dapur.

Pastikan backsplash serasi dengan konsep interior dan furnitur yang ada di ruangan tersebut. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas seputar ide backsplash dapur yang cocok dipadukan dengan lemari putih.

Dilansir dari Home Décor Bliss, Senin (13/11/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Ini Alasan Perlu Memasang Backsplash Dapur

Gunakan backsplash abstrak

Ilustrasi backsplash dapur.Shutterstock/Studio Light and Shade Ilustrasi backsplash dapur.

Jika kamu memiliki dapur modern, maka kamu bisa memasang backsplash abstrak dengan material batu berwarna netral.

Desain ini akan membuat dapur terlihat ramping dan nyaman. Berkat backsplash abstrak, dapur netral tetap terasa indah dan meriah, namun tidak berlebihan.

Warna backsplash yang berbeda dengan lemari dapur, bisa membantu menyembunyikan noda kotor akibat cipratan makanan. Kamu juga bisa meletakkan tanaman hias gantung di atas lemari yang membuat dapur terasa lebih asri.

Pasang backsplash kecil

Ide backsplash dapur lainnya yaitu backsplash kecil yang hanya menutupi sebagian kecil dinding. Ukuran yang kecil akan membuat backsplash tidak terlalu berlebihan.

Jika kamu memilih desain yang lebih abstrak atau mencolok, maka area tersebut tetap terlihat indah. Backsplash berukuran kecil juga lebih fungsional karena biasanya dipasang hanya melindungi dinding di belakang kompor.

Baca juga: Ketahui Backsplash Terbaik untuk Countertop Dapur Laminasi

Pasang backsplash berwarna biru

Backsplash biru sangat cocok dipadukan dengan lemari dapur berwarna putih. Warna putih dan biru terlihat senada dan membuat ruangan terlihat cantik.

Kamu bisa memilih biru terang agar dapur terlihat semakin cerah. Selain membuat dapur menarik, warna biru juga bisa menyamarkan noda dibandingkan warna cerah lain, seperti putih.

Pilih backsplash hitam

Menghadirkan warna kontrak hitam dan putih akan membuat ruangan terlihat lebih menarik. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan backsplash hitam yang dipadukan dengan lemari dapur berwarna putih.

Meskipun mencolok, warna ini tetap terlihat netral dan membuat dapur terlihat cantik. Kombinasi warna tersebut juga membuat kamu bisa menggunakan perlengkapan dapur berwarna apapun karena hitam dan putih termasuk warna netral.

Baca juga: Material Backsplash Dapur, Lebih Baik Kaca atau Ubin?

Ilustrasi backsplash dapur.SHUTTERSTOCK / Hendrickson Photography Ilustrasi backsplash dapur.

Gunakan backsplash granit

Backsplash granit juga cocok dipadukan dengan lemari dapur berwarna putih. Backsplash ini memiliki tampilan yang sederhana, namun bisa membuat dapur terlihat elegan.

Material ini akan membuat area backsplash dan lemari dapur terlihat menyatu. Selain itu, keuntungan dari penggunaan material granit yaitu mudah dibersihkan.

Namun, backsplash dari granit juga memiliki kekurangan yaitu garis nat sangat sulit dibersihkan ketika ada noda dari cipratan masakan.

Backsplash berwarna abu-abu

Ide backsplash dapur lainnya yang juga terlihat serasi saat dipadukan dengan meja dapur berwarna putih yaitu backsplash berwarna abu-abu.

Perpaduan antara lemari putih dengan backsplash abu akan membuat dapur terlihat ramping dan tajam. Kedua warna tersebut juga membuat dapur terlihat lebih menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com