Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2024, 18:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Pupuk adalah bahan tambahan yang diberikan pada tanaman untuk meningkatkan pertumbuhan dan produktivitas tanaman. 

Di dalam pupuk terdapat berbagai nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Maka dari itu, pemupukan menjadi salah satu hal penting yang perlu dilakukan saat menanam tanaman.

Baca juga: Panduan Pupuk untuk Bunga Mawar agar Subur dan Rajin Berbunga

Namun, pemberian pupuk tidak boleh sembarangan, harus disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Terkadang, pemupukan juga disesuaikan dengan jenis tanaman yang ditanam. 

Pupuk untuk bunga terkadang berbeda dengan pupuk untuk sayuran. Dikutip dari The Spruce, Sabtu (18/5/2024), berikut ini beberapa jenis pupuk untuk bunga

Pupuk lengkap atau majemuk

Ilustrasi pupuk NPK. SHUTTERSTOCK/CRINIGER OLIO Ilustrasi pupuk NPK.

Pupuk jenis ini paling sering digunakan karena kandungan nutrisinya sudah lengkap. Setidaknya ada tiga unsur hara utama yang dibutuhkan tanaman yaitu nitrogen, fosfor, dan kalium. 

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Cara Memberi Pupuk NPK untuk Tanaman

Nitrogen berguna untuk mendorong pertumbuhan daun. Fosfor bermanfaat untuk memacu pembungaan dan pembentukan buah. Sedangkan, kalium berguna untuk mengembangkan sistem akar.

Meski memiliki tiga unsur nutrisi, namun persentasenya berbeda, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, jika ingin mempercepat pembungaan, maka sebaiknya pilih pupuk dengan persentase fosfor lebih tinggi dibandingkan persentase nitrogen dan kalium. 

Pupuk kimia

Jenis pupuk untuk bunga lainnya yaitu pupuk kimia. Sesuai dengan namanya, pupuk ini terbuat dari bahan kimia. 

Keuntungan menggunakan pupuk kimia, antara lain harganya murah, mudah didapat, dan tanaman tumbuh dengan cepat. Namun, aplikasi pupuk kimia tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan kerusakan pada tanah hingga menyebabkan daun terbakar. 

Baca juga: Cara Membuat Pupuk untuk Aglonema agar Tumbuh Subur dan Rimbun

Pupuk kimia kini tersedia dalam berbagai formulasi, sehingga lebih mudah diaplikasikan ke tanaman dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Pupuk daun

Pupuk daun adalah jenis pupuk cair yang diserap tanaman melalui daun. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua tanaman bunga bisa diberi pupuk daun karena ada bunga yang daunnya memiliki lapisan lilin dan buku yang akan mempersulit penyerapan nutrisi melalui daun. 

Pupuk daun sebaiknya diberikan pada tanaman yang kekurangan kalium, karena unsur hara ini lebih mudah diserap saat diaplikasikan melalui daun. 

Selain itu, pupuk daun juga bisa diberikan pada tanaman bunga yang menunjukkan tanda klorosis, seperti daun menguning. 

Baca juga: Cara Tepat Menyemprotkan Larutan Pupuk Daun ke Tanaman Hias

Pupuk organik

Membuat kompos atau pupuk organik bisa menggunakan sampah makanan di dapur.SHUTTERSTOCK/Ann Bulashenko Membuat kompos atau pupuk organik bisa menggunakan sampah makanan di dapur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com