Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pengharum Ruangan Alami, Bikin Rumah Lebih Segar

Kompas.com - 28/05/2024, 18:20 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah yang harum menjadi impian banyak orang. Rumah wangi membuat suasana lebih menyenangkan dan menenangkan. 

Untuk membuat rumah lebih wangi, biasanya pemilik rumah akan menggantung atau meletakkan pengharum ruangan di tempat yang strategis. 

Baca juga: 6 Cara Mengharumkan Rumah Tanpa Pengharum Ruangan

Pilihan pengharum ruangan kini sudah semakin beragam. Namun, pengharum ruangan alami masih banyak disukai karena dinilai lebih aman. 

Pengharum ruangan alami juga lebih murah dan mudah didapatkan. Dikutip dari The Spruce, Selasa (28/5/2024), berikut ini beberapa pilihan pengharum ruangan alami. 

Minyak esensial

Ilustrasi minyak peppermint, minyak esensial peppermint. FREEPIK/JCOMP Ilustrasi minyak peppermint, minyak esensial peppermint.

Minyak esensial sudah sejak lama dikenal sebagai pengharum ruangan alami. Selain mengeluarkan aroma yang harum, minyak esensial juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. 

Baca juga: 6 Aroma Minyak Esensial yang Ampuh Mengusir Semut dari Rumah

Cukup tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam air panas. Nantinya, air panas tersebut akan mengeluarkan uap air yang harum dan membuat seluruh ruangan wangi. 

Beberapa minyak esensial yang bisa digunakan sebagai penyegar udara, seperti kayu putih, rosemary, serai, lemon, jeruk, dan lain sebagainya. 

Kopi

Pengharum ruangan alami lainnya yaitu kopi. Kopi bisa membuat ruangan terasa segar dan menenangkan. 

Untuk membuat pengharum ruangan dari kopi bisa dengan cara digiling, diseduh, atau dipanggang dalam oven. 

Baca juga: 4 Manfaat Ampas Kopi untuk Membersihkan Rumah

Bubuk kopi segar bisa ditempatkan di dalam mangkuk. Lalu, letakkan di area yang strategis agar baunya semerbak ke seluruh ruangan. 

Bubuk kopi juga bisa ditaburkan di area yang mengeluarkan bau tak sedap, seperti tempat sampah.

Campuran bunga kering, herba, dan minyak esensial

Campuran bunga kering, herba, dan minyak esensial juga bisa digunakan sebagai pengharum ruangan alami. 

Letakkan campuran tiga bahan tersebut di mangkuk kecil. Lalu, letakkan mangkuk berisi campuran bunga kering, herba, dan minyak esensial di tempat yang terbuka agar aroma harumnya menyebar ke seluruh ruangan. 

Baca juga: 7 Tanaman Herba yang Dapat Tumbuh di Dalam Ruangan Sepanjang Tahun

Rebusan kulit jeruk dan rempah-rempah

Ilustrasi kulit jerukSHUTTERSTOCK/KSENIIA KONAKOVA Ilustrasi kulit jeruk

Penyegar udara juga bisa dibuat sendiri dari bahan alami seperti kulit jeruk dan rempah-rempah. Aroma yang khas membuat udara lebih segar dan menghadirkan suasana yang tenang. 

Cara membuatnya cukup dengan mendidihkan air dalam panci kecil. Setelah itu, tambahkan kulit jeruk dan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan bunga lawang. Rebus bahan-bahan alami tersebut selama tiga menit, lalu kecilkan api dan biarkan air mendidih. 

Cuka

Cuka juga termasuk pengharum ruangan alami. Caranya, campurkan cuka dan air menggunakan perbandingan 1:4. 

Lalu, masukkan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke udara untuk menyegarkan ruangan. Selain itu, bisa juga ditempatkan dalam cuka mangkuk dan letakkan mangkuk di area yang mudah bau.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com