Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Gorden Ruang Tamu

Kompas.com - 20/07/2023, 17:28 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menjadi elemen praktis, gorden dapat mempengaruhi tampilan ruangan, menambahkan warna, menciptakan privasi, serta menyaring cahaya yang masuk.

Namun, saat memilih gorden untuk ruang tamu, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti penempatan dan kebutuhan, bahan, hingga gaya ruangan. 

Dikutip dari Living Cozy, Kamis (20/7/2023) berikut sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih gorden ruang tamu.

Baca juga: 5 Warna Gorden yang Sebaiknya Tak Digunakan di Ruang Tamu

Penempatan dan kebutuhan

Ilustrasi gorden abu-abu.Shutterstock/Dariusz Jarzabek Ilustrasi gorden abu-abu.
Saat memilih gorden ruang tamu, hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah penempatan dan kebutuhan jendela.

Angela Boswell, pendiri The Drape, mengatakan jika jendela menghadap ke jalan, ini menambahkan lapisan privasi pada kain yang dipilih akan melakukan dua hal, yakni memberi privasi tambahan dan menambahkan cahaya ke ruangan melalui warna putih.

Namun, jika rumah berada di tempat tertutup, kebutuhan gorden ruang tamu untuk menyaring cahaya hanya terjadi pada waktu-waktu tertentu dalam sehari.

“Saya akan merekomendasikan gorden sheer atau semi sheer jika ini terjadi,” ujar Boswell.

Di samping itu, pertimbangkan penggunaan ruang tamu. Jika sering menggunakan ruangan untuk menyelenggarakan acara, panel gorden yang dapat menciptakan ambience adalah pilihan tepat.

Jika ruang tamu menjadi tempat beristirahat pada akhir pekan untuk membaca, tirai putih yang menyaring cahaya bisa menjadi pilihan.

Baca juga: Tips Memilih Gorden Menurut Feng Shui untuk Hadirkan Energi Positif

Panjang dan lebar

Jendela hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran sehingga penting mempertimbangkan lebar dan panjang saat berbelanja gorden.

Namun, ada ruang untuk preferensi gaya pribadi. Sebagian orang mungkin lebih suka gorden yang menyentuh lantai, sementara yang lain menyukai goden yang lebih pendek dan praktis. 

Boswell menyarankan mempertimbangkan kebutuhan. “Jika gorden akan membungkai jendela, terutama sebagai dekorasi ruangan, kemampuan membuka dan menutupnya tidak terlalu penting,” ujarnya.

Namun, apabila gorden akan dibuka dan ditutup setiap hari, pilih model bagian atas yang mudah digunakan.

Pertimbangkan lebar batang gorden. Anda dapat membuat lebar batang gorden melewati kedua sisi jendela untuk memungkinkan lebih banyak cahaya yang masuk melalui jendela saat gorden ditarik.

Baca juga: 7 Warna Gorden yang Cocok dengan Dinding Hijau

Kain

Becc Burmann, pendiri Burgmann Interior Design, mengatakan kain yang terlihat lebih berat akan berkontribusi pada ilusi ruang yang lebih formal. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com