Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2023, 14:38 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinding putih dapat menjadi dasar netral yang memudahkan dalam memadukan pola, gaya, dan kombinas warna.

Selain itu, dinding putih membantu menciptakan ruang yang lebih terbuka dan terang. Namun, si sisi lain, kurangnya warna juga dapat membuat rumah atau ruangan terlihat membosankan.

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Dinding Ruang Tamu agar Tampak Menarik

Untunganya, dengan beberapa langkah, Anda dapat membuat ruang berdinding putih lebih menarik dan mengundang orang datang.

Dikutip dari Real Homes, Kamis (20/7/2023), berikut sejumlah ide mendekorasi dinding putih.

Menambahkan tekstur

Ilustrasi ruang tamu minimalis yang menggunakan plafon rumah dengan cat putihShutterstock Ilustrasi ruang tamu minimalis yang menggunakan plafon rumah dengan cat putih
Menambahkan tekstur, seperti gorden dan karpet, dapat membantu menciptakan lingungan yang lebih hangat.

Bereksplorasi dengan berbagai jenis tekstil, termasuk katun, linen, dan beludru dapat menambah dimensi pada ruangan serta menciptakan daya tarik.

Karpet dapat digunakan dengan berbagai cara dan memiliki sejumlah manfaat, seperti menambahkan warna, menambah kehangatan, serta menciptakan titik fokus.

Dengan menggunakan gorden, bantal, selimut, dan taplak meja yang tepat dapat menambahkan gaya yang lebih personal di ruangan dengan dinding putih. 

Baca juga: Ragam Warna Cat Dinding yang Mampu Bangkitkan Mood

Pencahayaan berbeda

Pencahayaan merupakan alat ampuh dalam mengubah tampilan dan suasana ruangan. Karena dinding putih membuat ruangan terasa lebih terang, mengurangi kecerahan tersebut dengan jenis pencahayaan berbeda dapat menciptakan lingkungan yang lebih menarik.

Mengubah pencahayaan dapat dilakukan dengan mengganti detail-detail kecil, seperti mengurangi atau menambahkan beberapa lampu meja, mengganti bola lampu, serta menambahkan tirai.

Mengganti lampu plafon atau menambahkan penutup jendela dapat menciptakan perubahan yang lebih besar. Ide lain, seperti menambahkan bola lampu berwarna atau menggunakan tirai transparan, juga bisa menambah kedalaman warna pada sebuah ruangan.

Baca juga: 5 Warna Cat Dinding Ini Bikin Ruang Tamu Tampak Lebih Terang

Menampilkan karya seni

Ilustrasi ruang keluarga di apartemen kecil.Shutterstock/Procreators Ilustrasi ruang keluarga di apartemen kecil.
Salah satu manfaat memiliki dinding putih adalah dapat menjadi kanvas kosong untuk memajang karya seni.

Untuk memanfaatkan latar belakang tersebut, cobalah menambahkan rak bercat putih atau perabot berwarna terang untuk memajang karya seni dan menambahkan lebih banyak dimensi.

Dinding putih juga bisa menjadi tempat tepat untuk membuat dinding galeri menampilkan lukisan dan foto. 

Baca juga: 6 Warna Cat Dinding yang Cocok Dipadukan dengan Furnitur Cokelat

Menambahkan tanaman

Menambahkan beberapa tanaman hijau, seperti pohon dalam ruangan, tanaman merambat, atau sukulen kecil, dapat membersikan kehangatan dan kedalaman pada ruangan berdinding putih. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com