Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Warna Cat Dinding yang Mampu Bangkitkan "Mood"

Kompas.com - 10/09/2022, 14:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih warna cat dinding yang tepat dapat mendorong fokus di ruang kerja, merangsang percakapan di ruang makan, menciptakan kamar tidur yang damai, dan menciptakan ruang tamu yang ceria.

Dikutip dari Martha Stewart, Sabtu (10/9/2022), menurut Arianna Cesa, associate manager pemasaran dan pengembangan di Benjamin Moore menjelaskan, warna cat mengelilingi Anda dalam sebuah ruang, dan itu memainkan peran besar dalam keseluruhan desain dan nuansa ruangan.

Ke mana pun Anda melihat di dalam ruangan, Anda berinteraksi dengan warna cat.

Baca juga: 8 Ide Warna Netral untuk Kamar Tidur, Beri Nuansa Sejuk

Ilustrasi kamar tidur dengan warna cat dinding merah muda atau pink. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi kamar tidur dengan warna cat dinding merah muda atau pink.

Teori warna dasar mengasosiasikan warna hangat dan dingin dengan suasana umum, kata Cesa. Warna merah, jingga, dan kuning yang lebih hangat memberi nuansa menyenangkan, optimis, energik, sedangkan warna yang lebih dingin, seperti hijau, biru, dan ungu, sering memancarkan ketenangan dan relaksasi.

Namun, imbuh Cesa, warna bersifat pribadi dan orang dapat merespons warna tertentu secara berbeda.

Berikut beberapa warna cat dinding yang dapat membangkitkan mood atau suasana hati di rumah.

1. Warna kuning dan pink untuk memancarkan kebahagiaan

Nicole Gibbons dari Clare Paint merekomendasikan warna kuning dan merah muda yang hangat dan bersemangat untuk menciptakan perasaan bahagia dan membangkitkan semangat di ruangan.

Baca juga: 7 Warna Netral yang Dapat Menenangkan

2. Untuk fokus ekstra, cobalah warna netral

Batasi gangguan dengan nuansa netral, Cesa merekomendasikan warna cat putih dan abu-abu yang serbaguna. Warna-warna ini membawa keseimbangan pada palet warna, dan dapat melakukan hal yang sama untuk sebuah ruangan.

Jika Anda tidak menemukan kanvas kosong dari dinding putih yang sangat menginspirasi, cobalah warna biru pucat, yang iddentik dengan ketenangan dan pikiran yang jernih, kata Cesa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com