Kompas.com - 30/07/2021, 13:27 WIB
Ilustrasi membersihkan filter AC. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOVIlustrasi membersihkan filter AC.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah menjadi hal yang harus dilakukan secara rutin agar rumah tampak selalu rapi dan terhindari dari semua kuman dan bakteri. Akan tetapi, terkadang ada beberapa area yang sering dilupakan dalam pembersihan tersebut.

Seperti yang dilansir dari Mind Body Green, Jumat (30/7/2021), karena panas dan kelembapan dapat berkontribusi pada penumpukan kuman, Anda harus tetap rajin membersihkan rumah selama bulan-bulan hangat.

Berikut beberapa area yang cenderung menarik banyak kotoran pada musim kemarau, dan cara mudah untuk menjaganya tetap bersih.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Crayon dan Spidol pada Tembok

1. Filter AC

Saat cuacapanas, AC bekerja sepanjang waktu untuk mendinginkan ruangan. Oleh sebab itu, pembersihan filter AC harus dilakukan secara rutin di musim panas.

Dengan membersihkan filter AC, akan membantu menjebak alergen dan polutan, serta mengurangi risiko jamur. Tak hanya itu, membersihkannya, AC akan bekerja lebih efektif.

2. Pancuran atau bak mandi

Jamur suka terbentuk dalam kondisi hangat dan basah, dan membuat area di sekitar bak mandi atau pancuran Anda rentan terhadap jamur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alih-alih menggunakan pemutih yang intens untuk mengobati jamur, menyemprotnya dengan cuka putih dapat bekerja dengan baik. Meskipun pemutih dapat mencerahkan area tersebut dan membunuh jamur di permukaan, namun tidak sampai ke akar masalahnya.

Baca juga: 5 Mitos Tentang Cara Membersihkan Rumah yang Sebenarnya Keliru

Jika Anda memiliki sepetak kecil jamur pada permukaan yang keras dan tidak keropos seperti ubin atau dinding pancuran, cukup tuangkan cuka putih ke dalam botol semprot dan semprotkan secara menyeluruh.

Biarkan selama satu jam, lalu bilas area tersebut dengan kain lembap dengan air hangat, namun hindari merendamnya dengan air.

Jika noda perlu digosok, Anda bisa membuat pasta dari soda kue dan air dalam mangkuk dan menggosoknya dengan spons.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.