Kompas.com - 31/01/2021, 13:20 WIB
Ilustrasi berkebun dengan sistem hidroponik. PIXABAY/SIPPAKORNIlustrasi berkebun dengan sistem hidroponik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren merawat tanaman tumbuh pesat selama merebaknya pandemi virus corona (Covid-19). Banyaknya waktu yang harus dihabiskan di rumah membuat sebagian orang menggeluti hobi merawat tanaman.

Salah satu tren berkebun atau merawat tanaman yang banyak dilakoni warga dalam hampir setahun terakhir adalah hidroponik. Sistem berkebun dengan air ini cocok dilakukan di rumah, tanpa perlu banyak lahan, dan hasilnya pun dapat langsung diolah sebagai makanan.

Ya, menanam sayur dengan hidroponik memiliki banyak manfaat. Untuk Anda yang belum atau baru akan memulai berkebun hidroponik, tidak ada kata terlambat, Anda bisa memulainya sekarang.

Baca juga: 7 Sayuran yang Mudah Ditanam di dalam Ruangan

Dilansir dari Trees, Minggu (31/1/2021), berikut ini beberapa jenis sayuran dan buah-buahan yang mudah ditanam dengan sistem hidroponik.

1. Selada

Selada barangkali adalah sayuran paling umum yang ditanam dengan hidroponik. Selada tumbuh sangat cepat dalam sistem hidroponik dan cukup mudah dirawat.

Selada dapat ditanam di semua sistem hidroponik, termasuk NFT, Aeroponik, Ebb and Flow, dan sebagainya. Sayuran ini tidak diragukan lagi merupakan tanaman yang bagus jika Anda baru memulai berkebun dengan hidroponik.

2. Tomat

Banyak jenis tomat, termasuk tomat baisa dan tomat ceri, telah ditanam secara luas oleh pehobi hidroponik dan petani komersial. Secara botani, tomat adalah buah, tetapi kebanyakan orang baik penjual atau konsumen menganggapnya sebagai sayuran.

Baca juga: Tips Menanam Tomat di Rumah

Satu hal yang perlu diingat adalah tomat membutuhkan banyak cahaya. Jadi bersiaplah untuk membeli beberapa lampu jika Anda ingin menanamnya di dalam ruangan.

3. Radish

Radish adalah salah satu sayuran termudah untuk tumbuh, baik di tanah atau hidroponik. Lebih baik memulai dari biji, dan Anda bisa melihat bibit tumbuh dalam waktu 3 hingga 7 hari.

Lobak tumbuh subur di suhu sejuk dan tidak membutuhkan lampu.

4. Kale

Kale adalah sayuran yang sangat bergizi dan beraroma lezat. Ini adalah sayuran dengan manfaat kesehatan yang terbukti.

Halaman:
Baca tentang


Sumber Trees
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X