Kompas.com - 16/06/2021, 08:06 WIB
Ilustrasi tanaman hidroponik. PIXABAY/MARSRAWIlustrasi tanaman hidroponik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman dengan metode hidroponik banyak dilakukan selama setahun terakhir. Ini sejalan dengan imbauan untuk melakukan aktivitas di rumah guna menurunkan risiko penularan virus corona.

Tanaman yang ditanam secara hidroponik bergantung pada campuran nutrisi cair yang Anda berikan untuk menopang dan membantu mereka tumbuh. Akar beristirahat di perlit atau bahan non-tanah lain yang membantu memandu nutrisi ke akar tanpa menyediakan nutrisi penting sendiri.

Salah satu permasalahan pada tanaman hidroponik adalah daun yang keriting. Keseimbangan pupuk adalah alasan yang paling mungkin menyebabkan daun tanaman hidroponik keriting.

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Selasih dari Biji dengan Media Hidroponik

Lalu, kenapa daun tanaman hidroponik keriting? Dilansir dari Home Guides SF Gate, Rabu (16/6/2021), berikut penyebab dan solusinya.

1. Pencahayaan

Khususnya pada tanaman muda, panas dari lampu dapat menyebabkan daun tanaman hidroponik keriting. Sebagian besar tanaman hidroponik dalam ruangan menggunakan lampu tanam 16 hingga 18 jam per hari.

Tanaman hidroponikpixabay Tanaman hidroponik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat Anda melihat tepi luar daun mulai menguning dan keriting, pindahkan tanaman lebih jauh dari cahaya. Sebab, mungkin panas merusak daun.

Saat Anda menanam tanaman di rumah kaca luar ruangan, pindahkan tanaman lebih dekat ke tengah ruangan untuk mengurangi jumlah cahaya yang diterima. Saat pencahayaan menjadi masalah, biasanya hanya beberapa tanaman yang terpengaruh.

Baca juga: Penting untuk Pemula, Kenali 5 Pilihan Media Tanam Hidroponik

2. Nutrisi

Karena tidak ada tanah untuk menyediakan nutrisi bagi tanaman, mereka hanya mengandalkan larutan pupuk yang Anda berikan kepada tanaman.

Spesies tanaman yang berbeda memerlukan jenis pupuk yang berbeda, jadi bila Anda menggunakan larutan yang sama dengan beberapa spesies, modifikasilah larutan agar sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X