Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/06/2021, 20:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Prevention

JAKARTA, KOMPAS.com - Semut adalah salah satu hama pengganggu di rumah. Sebagian besar semut membangun sarangnya di luar dan datang ke rumah Anda untuk mencari makanan. 

"Ini adalah jenis semut yang paling umum yang akan Anda lihat berkeliaran di sekitar rumah Anda, kata ahli entomologi Roberto M Pereira, seorang ilmuwan penelitian serangga di University of Florida, AS seperti dikutip dari Prevention, Selasa (15/6/2021).

Namun demikian, beberapa spesies semut benar-benar membangun sarang mereka di rumah dan tinggal di luar sana. Meskipun sebagian besar semut tidak akan menyakiti Anda, beberapa spesies diketahui menggigit.

Baca juga: Cara Membuat Semprotan Pengusir Semut dengan 5 Bahan Ini

“Semut bisa masuk ke interior rumah di sekitar pintu dan ambang pintu, melalui retakan di lantai, serta melalui penetrasi apa pun, seperti pipa, yang tidak disegel dengan benar,” jelas Godfrey Nalyanya, ahli entomologi dan manajer layanan teknis di Ehrlich Pest Control.

Ilustrasi semut. PIXABAY/HANS BRAXMEIER Ilustrasi semut.

Semut adalah makhluk kecil yang gigih, tetapi bukan hal yang sulit untuk mengeluarkan dan mengusirnya. Berikut ini beberapa cara mencegah semut masuj ke rumah Anda.

1. Jaga kebersihan dapur

“Tidak mungkin untuk menghilangkan setiap bagian makanan yang dapat diakses semut ini, tetapi Anda ingin mencegah mereka mendapatkan makanan di rumah Anda sebanyak mungkin,” jelas Pereira.

Saat membersihkan, berikan perhatian ekstra pada dapur, terutama di sekitar tempat sampah, lemari es, oven, dan wastafel.

Baca juga: Membasmi Semut Bisa Pakai Bedak Bayi, Begini Caranya

2. Gunakan wadah tertutup untuk makanan

Tujuannya adalah untuk mencegah semut mendeteksi makanan Anda sejak awal.

“Simpan permen dan makanan lain dalam wadah tertutup dan bersihkan remah-remah di konter,” papar Judy Black, VP of Quality Assurance and Technical Services di Orkin.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com