Kompas.com - 15/06/2021, 08:09 WIB
Ilustrasi semut. PIXABAY/HANS BRAXMEIERIlustrasi semut.

JAKARTA, KOMPAS.com - Semut adalah salah satu hama pengganggu yang kehadirannya di rumah amat meresahkan. Semut bisa memakan bahan-bahan makanan di rumah dan menciptakan sejumlah gangguan lainnya.

Ada beberapa tempat di rumah yang rentan diserang segerombolan semut. Asosiasi Pengendali Hama Nasional AS (NPMA) dalam surveinya menyebut, dapur 96 persen rentan terhadap semut dan kamar mandi 88 persen rentan.

Dilansir dari Green Matters, Selasa (15/6/2021), ada alasan bagus mengapa dapur adalah area paling populer di rumah bagi semut. Serangga kecil ini mencari makanan.

Baca juga: Membasmi Semut Bisa Pakai Bedak Bayi, Begini Caranya

Percaya atau tidak, bukan hanya makanan yang dicari semut. Mereka juga datang ke rumah untuk mencari air.

Faktor seperti penumpukan air, kebocoran keran, piring yang tertinggal di wastafel, dan wadah minuman yang tidak dibilas di tempat sampah juga dapat mengundang semut masuk ke dalam rumah.

Menurut Michael Bentley, ahli entomologi dan direktur pelatihan dan pendidikan untuk NPMA, semut memiliki selera yang besar terhadap rasa manis, yang membuat dapur sangat rentan terhadap infestasi semut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi semutshutterstock Ilustrasi semut

"Selain remah-remah dan tumpahan yang kita tinggalkan, wastafel dapur menyediakan sumber air, yang dibutuhkan semut untuk bertahan hidup," terang Bentley.

Baca juga: Tips untuk Menjaga Dapur agar Bebas dari Kecoak, Semut, dan Tikus

Semut mungkin masuk ke kamar mandi karena kebocoran juga. Sering-seringlah memeriksa toilet, wastafel, bak mandi, dan shower atau keran dari kebocoran atau tetesan, seringlah membersihkan kamar mandi dengan disinfektan.

Pun pastikan tidak ada sabun, sampo, kondisioner, atau botol sabun mandi yang bocor.

Berikut ini cara membuat semprotan untuk membasmi semut dengan bahan-bahan yang mungkin mudah ditemui di rumah Anda. Jika salah satu cara ini tidak berhasil, ada beberapa alternatif lain yang dapat dicoba.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X