Kompas.com - 14/06/2021, 19:21 WIB
Ilustrasi shower, kepala shower. SHUTTERSTOCK/TERO VESALAINENIlustrasi shower, kepala shower.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan energi dan listrik, penggunaan air juga perlu dihemat, bahkan menjadikannya sebuah kebiasaan sehari-hari dan terus berkelanjutan.

Kebiasaan menghemat air ini tentu memberikan sejumlah dampak positif, baik bagi rumah maupun bumi. Selain menghemat tagihan listrik dan air, menghemat penggunaan air juga dapat menjaga keberlangsungan lingkungan hidup.  

Baca juga: 8 Cara Menghemat Air Saat Mencuci Pakaian

Lantas, bagaimana menghemat air? Melansir dari laman Home and Decor, Senin (14/6/2021), berikut ini enam cara menghemat air lewat kehidupan sehari-hari. 

Daur ulang air sebanyak mungkin 

Setelah memasak pasta atau merebus telur dan sayuran, jangan membuang air rebusan begitu saja. Sebaliknya, biarkan air dingin, lalu gunakan untuk berbagai kebutuhan lain seperti menyiram tanaman

Baca juga: 4 Trik Menghemat Air Saat Menyiram Tanaman

Selain itu, alih-alih mencuci sayuran dan buah-buahan di bawah air mengalir, sebaiknya cuci dalam bak atau baskom dan air cucian tersebut bisa digunakan untuk menyiram tanaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Matikan keran air saat menyikat gigi

Kebiasaan ini sering kali dilakukan sebagian besar orang meski tidak disadari. Karena itu, matikan dan nyalakan keran air ketika membersihkan sikat gigi dan membilas wastafel atau saat membutuhkannya. 

Baca juga: 4 Trik agar Dapat Menghemat Air Saat Mandi

Tak hanya itu, gunakan segelas air untuk membilas mulut dibanding memakai keran air.

Gunakan bak air saat mencuci piring

Menjalankan keran air ketika mencuci piring adalah salah satu pemborosan air. Sebagai gantinya, isi wastafel dengan air panas dan satu atau dua sendok cairan pencuci piring dan cuci piring di dalamnya.

Setelah itu, menyalakan keran air untuk pembilasan cepat usai menyabuni setiap piring sebelum mematikannya. Air akan mengisi bak cuci dan membantu merendam sisa piring. 

Baca juga: Beragam Cara Cerdas Menghemat Energi Listrik di Beberapa Area di Rumah

Pergi ke tempat cuci mobil yang mendaur ulang air

Anda mungkin berpikir mencuci mobil di tempat pencucian mobil akan lebih boros dibanding di rumah. Padahal, mencuci mobil di tempat pencucian sebenarnya jauh lebih baik menghemat air jika mereka mendaur ulang airnya.

Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X