Kompas.com - 14/04/2021, 17:34 WIB
Ilustrasi listrik, tagihan listrik, penggunaan listrik ShutterstockIlustrasi listrik, tagihan listrik, penggunaan listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika semua orang menghabiskan waktu untuk melakukan kegiatan di dalam rumah, akan menyebabkan tagihan listrik naik daripada saat semua orang berkegiatan di luar rumah.

Peningkatkan konsumsi dan tagihan  listrik ini memiliki sumber yang beragam, mulai dari pemakaian AC yang lebih lama, kipas angin, lampu, hingga air. Memiliki anggota keluarga yang banyak dan berkegiatan di rumah artinya menaikkan jumlah energi yang digunakan sehari-hari.

Namun, dilansir dari Apartment Therapy, Rabu (14/4/2021), ada sejumlah cara agar Anda bisa menghemat energi di dalam rumah sehingga tidak terjadi pembengkakan tagihan listrik. Bahkan, cara ini merupakan cara kecil yang dapat dilakukan oleh semua orang.

 

Baca juga: Beberapa Hal yang Perlu Kamu Lakukan Saat Listrik di Rumahmu Padam

Apa saja? Berikut ulasannya. 

1. Matikan keran saat mencuci piring

Tanpa disadari, beberapa orang tetap membiarkan air mengalir ketika sedang mencuci piring. Padahal hal tersebut membuang banyak air dan energi.

Untuk mengurangi pemborosan, matikan keran air ketika Anda sedang mencuci piring dan nyalakan kembali ketika ingin membilas.

2. Ganti keran wastafel dapur

Ada beberapa keran wastafel yang dapat membantu menurunkan jumlah air yang terbuang sekaligus memberi Anda lebih dari cukup tekanan air saat mencuci piring. Jika memungkinkan, pilih keran yang seperti ini agar Anda bisa lebih berhemat.

Baca juga: Tips Mengatur Suhu AC yang Nyaman untuk Tidur Sekaligus Hemat Listrik

3. Perhatikan sisa makanan

Ketika makanan yang tidak terpakai berakhir di tempat pembuangan sampah, ia dapat melepaskan gas metana saat terurai dan menciptakan gas rumah kaca yang menghangatkan planet ini.

Untuk mengurangi limbah makanan Anda, berhati-hatilah saat Anda membeli bahan makanan untuk tidak membeli lebih dari yang dapat Anda konsumsi secara wajar sebelum rusak.

Ketika berbicara tentang memasak, hal yang sama berlaku: cobalah untuk hanya memasak sebanyak yang Anda bisa makan dalam beberapa hari.

Cara lainnya untuk mempertahankan umur makanan Anda dan mengurangi limbah adalah dengan memastikan Anda menyimpannya dengan benar.

Menyimpan barang-barang dapur dalam toples tertutup, di tempat yang gelap dan jauh dari cahaya akan membantunya bertahan lebih lama, begitu juga sisa makanan beku yang tidak akan Anda makan dalam beberapa hari ke depan.

 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X