Kompas.com - 21/05/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi lampu listrik Unsplash/Riccardo AnnandaleIlustrasi lampu listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski menjadi kebutuhan penting bagi hampir seluruh manusia, penggunaan listrik yang berlebihan tidak hanya akan membuat biaya tagihan membengkak, tapi juga berdampak buruk untuk lingkungan. 

Hal tersebut tak terlepas dari sumber daya energi listrik yang masih bergantung pada energi fosil seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Perlu Memeriksa Listrik Sebelum Membeli Rumah

Maka itu, menghemat penggunaan listrik adalah tindakan tepat yang tidak hanya memberi keuntungan pribadi, tapi juga berdampak baik terhadap lingkungan.

Dilansir dari Beauty Harmony Life, Jumat (21/5/2021), berikut ini cara cerdas menghemat energi listrik di beberapa area di rumah. 

Baca juga: 5 Kebiasaan Buruk Menggunakan AC yang Bikin Tagihan Listrik Bengkak

Dapur

  • Matikan oven sebelum masakan matang

Mematikan oven sebelum matang matang dapat menghemat energi listrik. Matikan oven sekitar 5-10 menit sebelum makanan matang. Sisa panas pada oven dapat dengan mudah menyelesaikan pekerjaan untuk mematangkan makanan. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tips Hemat Listrik saat Memakai AC

  • Hentikan pembilasan pada mesin pencuci piring

Informasi kecil ini mungkin dapat menghemat waktu dan uang. Sebagian besar mesin pencuci piring model baru sudah dirancang untuk memecah partikel makanan dari piring. Jadi, Anda tidak perlu membilasnya terlebih dahulu.

Piring kotor yang dicuci di mesin pencuci piring akan tetap bersih berkilau sehingga akan menghemat lebih banyak air sekaligus listrik yang memompa air keluar dari mesin air. 

Baca juga: 5 Tips Menghemat Tagihan Listrik di Rumah

  • Sesuaikan termostat kulkas

Meski sangat penting untuk menjaga makanan dan minuman agar tetap segar dan dingin, kulkas adalah salah satu peralatan elektronik di rumah yang mengonsumsi banyak energi. 

Jika termostat atau suhu kulkas diatur terlalu dingin, kamu mungkin akan lebih banyak membayar tagihan listrik per tahunnya.

Pengaturan suhu optimal untuk kulkas adalah 2,5-4,5 derajat Celscius dan -18 sampai -15 derajat Celsius untuk freezer

Baca juga: 7 Tips Menjaga Keamanan Kabel Listrik di Rumah

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.