Kompas.com - 15/06/2021, 07:27 WIB
Ilustrasi tanaman tomat yang harus rutin dipangkas tangkainya. SHUTTERSTOCK/FOTOKOSTICIlustrasi tanaman tomat yang harus rutin dipangkas tangkainya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam sayuran bisa menjadi pilihan ketika Anda ingin mulai berkebun di rumah. Tomat adalah salah satunya.

Dilansir dari Well and Good, Selasa (15/6/2021), menanam tomat di rumah tidaklah sulit. Anda bisa menanam tomat baik di halaman rumah maupun di dalam pot tanaman.

Kalei Buczek, manajer umum di Rewild Plant and Flower Studio di Washington DC, AS memberikan sejumlah tips sukses menanam tomat di rumah dengan langkah-langkah yang mudah. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Ingin Menanam Tomat? Ini Jenis Pupuk dan Aturannya agar Tumbuh Subur

Cara menanam tomat dalam 7 langkah mudah

1. Pilih benih

Langkah pertama menanam tomat dari biji atau benih tentu saja sangat penting dan menarik. Namun demikian, memilih benih haruslah cermat.

Menurut Buczek, pilihlah varietas tomat yang sesuai dengan cuaca tempat tinggal Anda. Anda mungkin perlu menempatkan benih di bawah lampu khusus untuk memastikan benih Anda berkecambah dengan benar.

Ilustrasi tomat, tanaman tomat. PIXABAY/PIXEL2013 Ilustrasi tomat, tanaman tomat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika ini adalah hal yang menantang, Buczek merekomendasikan Anda merawat tanaman tomat yang masih kecil yang Anda pelihara hingga tumbuh dan berbuah.

2. Tentukan wadahnya

Anda bisa menanam tomat di pot, atau langsung di tanah. Jika Anda akan menanam tomat di tanah di halaman rumah, pastikan untuk memilih sepetak tanah yang mendapat banyak sinar matahari.

Baca juga: Kenapa Bagian Bawah Buah Tomat Membusuk? Penyebab dan Solusinya

"Jika Anda berada di kota, saya sarankan untuk membeli pot. Tetapi bertentangan dengan logika kebanyakan tanaman hias, Anda akan membutuhkan pot yang jauh lebih besar dari tanamannya karena tomat tumbuh sangat cepat selama periode pertumbuhannya yang relatif singkat. Tanaman Anda kemungkinan akan menjadi cukup besar," ujarnya.

Buczek menyarankan pot dengan diameter setidaknya 10 inci. Selain itu, pastikan pot memiliki lubang-lubang drainase di bawahnya dan terbuat dari bahan yang dapat bernapas seperti terakota.

Halaman:
Baca tentang


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X