Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/03/2021, 18:16 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Di tengah pandemi, banyak orang mencoba berkebun di pekarangan rumah, atau di pot-pot yang diletakkan di jendela dan di dalam rumah. Beberapa bahkan memutuskan untuk berkebun sayuran yang bisa mereka konsumsi saat sudah tumbuh besar nanti.

Sayangnya, karena pemula, kita seringkali sulit mengatasi gangguan dari hama dan penyakit. Salah satu hama yang sering menyerang adalah semut.

Semut tak hanya jadi hama yang mengganggu di dalam rumah saja. Namun semut juga menjadi pengganggu pertumbuhan tanaman.

Baca juga: Cara Termudah Menjauhkan Hama Semut dan Serangga dari Aglonema

Jadi, sangat penting untuk menjaga tanaman tetap aman dari semut, dengan menggunakan pestisida. Sayangnya, pestisida yang ada di pasaran seringkali mengandung bahan kimia berbahaya. Terlebih jika kamu memakainya pada tanaman yang akan kamu konsumsi.

Jangan sedih dulu kamu bisa membuat sendiri pestisida alami untuk mengusir semut dari tanaman rumahmu.

Dilansir dari Times of India, Minggu (28/3/2021), seorang ibu rumah tangga bernama Juhi Sahu, yang memiliki lebih dari 250 jenis tanaman di rumahnya, mengatakan, apa pun yang berbau jeruk membantu mengusir semut.

"Semut tidak suka jeruk, jadi peras lemon ke dalam cangkir dan taburkan ke tanaman. Ini akan bertindak sebagai pengusir dan akan menjauhkan tanaman dari tanaman, "kata Juhi.

Baca juga: 7 Tanaman Luar Ruangan Ini Mampu Mengusir Semut yang Mengganggu

Selain menggunakan lemon, cara lain yang juga bisa kamu coba adalah dengan menggunakan larutan sabun.

“Campurkan satu sendok teh cairan air pencuci piring atau cairan sabun apa pun dalam satu liter air hangat. Semprotkan pada dan di sekitar tanaman,” ujar Juhi.

Jika kamu memiliki minyak peppermint, kamu bisa menambahkan beberapa tetes dalam larutan ini. Semprotkan larutan pada malam hari dan keesokan paginya semprotkan air bersih hanya untuk menghilangkan larutan sabun.

“Bumbu seperti kayu manis, cengkeh, bubuk cabai, ampas kopi, atau daun teh mint kering dapat kamu sebar di sekitar pangkal tanaman untuk mencegah semut juga, " jelas Juhi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com