Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2021, 20:35 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengingat ada lebih dari 12.000 spesies semut di seluruh dunia, tidak heran jika semut dapat menjadi masalah bagi para pekebun dan pemilik rumah.

Semut dapat merusak tanaman dalam waktu singkat, sehingga kehadirannya akan sangat berisiko dan juga bisa merusak segala hal lainnya.

Dibandingkan menggunakan semprotan serangga yang beracun, salah satu cara teraman untuk mengendalikan hama ini adalah dengan menanam tanaman pengusir semut di sekitar bagian luar rumah dan di kebunmu.

Baca juga: 5 Fakta Semut di Dapur yang Harus Diketahui

Ada banyak tanaman yang tidak disukai oleh semut dan akan mereka coba hindari. Kebanyakan tanaman tersebut berasal dari keluarga herbal.

Dilansir dari beberapa sumber, Senin (22/3/2021), berikut ini tanaman luar ruangan yang bisa kamu tanam untuk mengusir semut.

Ilustrasi tanaman rosemary di dalam pot. SHUTTERSTOCK/ANTIGONI LEKKA Ilustrasi tanaman rosemary di dalam pot.

1. Rosemary

Baik tukang kebun maupun ibu rumah tangga memahami kalau rosemary tidak hanya untuk membumbui masakan mereka, tetapi juga untuk mengusir semut.

Yang diperlukan hanyalah membeli pot tanaman, menanam rosemary, dan menempatkan pot berisi rosemary di sekitar teras atau beranda rumahmu.

Baca juga: Cara Membasmi Semut Secara Alami

2. Daun mint

Tidak sedikit orang menikmati secangkir teh mint yang menyegarkan dari waktu ke waktu tanpa mengetahui bahwa tanaman yang menyegarkan itu juga dapat berfungsi sebagai pencegah semut.

Ilustrasi tanaman mint. UNSPLASH/ELEANOR CHEN Ilustrasi tanaman mint.

Daun mint mulai tumbuh perlahan saat ditanam, tetapi tumbuh cukup agresif setelah tahun pertama.

Kamu dapat menanam daun mint dari biji atau dengan membuang sebagian kecil dari tanaman yang ada, pastikan untuk membuang bagian yang akarnya masih utuh.

Biji daun mint bertunas sekitar dua minggu setelah tanam. Untuk mencegah kebunmu dibanjiri daun mint, tanamlah dalam pot atau wadah. Ini akan membatasi pertumbuhannya dan mencegahnya menyebar.

Daun mint memiliki aroma yang luar biasa yang mengusir semut dan dapat tumbuh tinggi dan cukup lebar untuk memberikan perlindungan yang cukup. Ini membuatnya sempurna untuk ditanam di dekat pintu dan di bawah jendela.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com