Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2021, 20:59 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Serangan semut di dalam atau di sekitar rumah Anda sangat mengganggu. Seringkali pun kita mencari artikel di internet tentang cara membasmi semut.

Pun banyak informasi tentang cara mudah dan dapat dilakukan sendiri untuk membasmi semut. Namun, menurut banyak ahli hama, cara membasmi semut dengan bahan buatan sendiri ini tidak banyak membantu mengatasi masalah yang dihadapi.

Ada beberapa mitos soal membasmi semut yang populer. Dilansir dari Family Handyman, Selasa (19/1/2021), berikut penjelasannya.

Baca juga: Banyak Semut di Rumah? Basmi dengan 5 Cara Mudah Ini

1. Air mendidih bisa membasmi semut

Banyak informasi yang menyebut tentang membasmi semut dengan air mendidih. Menurut Pestdefense.com, meskipun air mendidih dapat membunuh semut yang terpapar, pada saat air mencapai Ratu dan seluruh koloni, itu tidak akan efektif.

2. Cuka bisa membasmi semut

Semut tidak menyukai bau cuka, tetapi tidak akan membunuh mereka. Menurut Bainpestcontrol.com, Anda bisa membasmi semut dengan cuka dan aromanya untuk sementara waktu, namun semut akan kembali.

3. Kayu manis bisa membasmi semut

Mitos umum lainnya yang ditemukan di Internet adalah kayu manis dapat membunuh semut. Bainpestcontrol.com mengingatkan bahwa hanya karena semut tidak menyukai sesuatu, bukan berarti hal itu akan menjauhkan mereka.

4. Membuat garis dengan kapur serangga bisa membasmi semut

Banyak artikel yang menganjurkan untukmencegah semut untuk menggambar garis kapur di titik masuk. Westernexterminator.com menjelaskan bahwa ini bisa menghilangkan semut, tetapi mereka akan kembali untuk menemukan cara lain untuk mendapatkan makanan.

Baca juga: 9 Manfaat Boraks, Bersihkan Lantai Kamar Mandi hingga Usir Semut

5. Semut bisa hilang dengan lemon

Sekali lagi, jika Anda merasa bisa mengganggu semut dengan penciuman atau mencegahnya masuk dengan menggunakan lemon, mungkin ini terjadi untuk waktu yang singkat, tetapi mereka akan menemukan titik masuk lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com