Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2021, 08:41 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman depan yang ditanami oleh tanaman hias bunga akan meningkatkan daya tarik tersendiri.

Selain memberikan udara dan nuansa yang lebih teduh dan sejuk, menanam tanaman hias bunga sepanjang jalan menuju rumah dapat menambah elemen dekorasi di bagian eksterior rumah.

Dilansir dari Homes to Love, Rabu (20/1/2021), ada beberapa tips untuk mendesain taman depan rumah, sebagai berikut. 

Baca juga: Cara Membuat Taman Rumah Lebih Nyaman

1. Sesuai dengan kebutuhan

Sebelum menanam berbagai tanaman hias bunga, dan sebagainya, perhatikan kebutuhannya, misalnya apakah taman tersebut untuk lahan bermain anak-anak. Jika ya, perhatikan seberapa luas lahan yang bisa ditanami tanaman dan seberapa luas untuk lahan bermain anak-anak.

2. Benda yang tidak ingin terlihat

Jika struktur fisik seperti pagar dan dinding tidak menarik, Anda dapat menempatkan pagar atau semak yang menarik untuk menyembunyikan hal-hal yang tidak ingin dilihat orang lain seperti tempat sampah, sepeda, dan hal lain yang merusak taman nanti.

3. Selaras

Kunci untuk mencapai taman depan yang luar biasa adalah memastikan desain Anda selaras dengan gaya rumah Anda.

Pertimbangkan secara arsitektur modern, lebih tradisional seperti federasi atau rumah pondok, atau bernuansa pesisir. Pilih tata letak, tanaman, dan fitur untuk menciptakan kesan keseluruhan yang harmonis dari jalan.

Baca juga: Inspirasi Taman Sempit di Lahan Terbatas

4. Pemilihan tanaman

Pertimbangkan juga ukuran taman depan dengan memilih tanaman yang sesuai dengan ukuran rumah. Hal ini agar tidak membuat rumah terlihat semakin sempit.

Jika rumah memiliki taman yang luas, pertimbangkan untuk memilih tanaman yang lebih besar sehingga dapat mengisi kekosongan.

5. Ahli hortikultura

Ahli hortikultura profesional tidak hanya akan memberi Anda ide, tetapi juga membantu Anda memaksimalkan anggaran desain Anda. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda tidak membuang-buang uang untuk tanaman mahal yang tidak akan tumbuh subur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com