Kompas.com - 13/05/2021, 17:10 WIB
Ilustrasi tanaman selasih, tepatnya bagian bijinya yang jika dipanen bisa jadi biji selasih untuk campuran minuman Pixabay/pisauikanIlustrasi tanaman selasih, tepatnya bagian bijinya yang jika dipanen bisa jadi biji selasih untuk campuran minuman

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman selasih kerap dimanfaatkan bijinya untuk bahan campuran es buah, puding, atau makanan penutup lainnya. Teksturnya yang kenyal membuatnya disukai banyak orang.

Tak hanya itu, tanaman selasih juga memiliki kandungan gizi yang baik seperti air dan vitamin K yang bermanfaat bagi tulang hingga mencegah penyakit jantung

Baca juga: 9 Tips Menanam Tomat agar Subur dan Berbuah Lebat

Manfaat yang dihadirkan tanaman selasih tak jarang membuat orang mencoba menanamnya sendiri. Namun, keterbatasan lahan sering kali menjadi kendala. Tak perlu khawatir, kamu bisa menanam selasih dengan media tanam hidroponik

Selain hemat lahan, media tanam hidroponik juga lebih praktis karena tidak memerlukan tanah untuk menanamnya. Hasilnya pun juga tak kalah berkualitas dibanding media tanam lain. 

Baca juga: Penting untuk Pemula, Kenali 5 Pilihan Media Tanam Hidroponik 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir dari kanal YouTube Kebun Ichiro pada Kamis (13/05/2021), berikut ini cara menanam tanaman selasih menggunakan media tanam hidroponik.

Siapkan Biji Selasih

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan biji selasih, yakni membelinya langsung ke toko bunga dan tanaman serta memetiknya dari tanaman selasih. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Menanam Terong Ungu di Media Polybag

Jika ingin memetik biji selasih dari tanamannya langsung, pastikan bunga dari tanaman tersebut sudah kering. Lalu, cabut kantung bunga selasih dan keluarkan bijinya. Dalam satu kantung atau bunga selasih terdapat tiga sampai empat biji.

Siapkan Rockwool

Rockwool sebagai salah satu media tanam hidroponik.Hasil tangkap layar The Garden Granny Rockwool sebagai salah satu media tanam hidroponik.

Selanjutnya siapkan rockwool, media tanam hidroponik yang dipakai untuk menanam biji selasih. 

Baca juga: Cara Pemangkasan Tanaman Cabai yang Benar dan Manfaatnya

Rockwool merupakan kumpulan serat yang berbentuk busa dan terbuat dari lelehan batu gunung berapi seperti batu basalt. Media tanam ini sangat ramah lingkungan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X