Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2021, 17:10 WIB
Lolita Valda Claudia,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman selasih kerap dimanfaatkan bijinya untuk bahan campuran es buah, puding, atau makanan penutup lainnya. Teksturnya yang kenyal membuatnya disukai banyak orang.

Tak hanya itu, tanaman selasih juga memiliki kandungan gizi yang baik seperti air dan vitamin K yang bermanfaat bagi tulang hingga mencegah penyakit jantung

Baca juga: 9 Tips Menanam Tomat agar Subur dan Berbuah Lebat

Manfaat yang dihadirkan tanaman selasih tak jarang membuat orang mencoba menanamnya sendiri. Namun, keterbatasan lahan sering kali menjadi kendala. Tak perlu khawatir, kamu bisa menanam selasih dengan media tanam hidroponik

Selain hemat lahan, media tanam hidroponik juga lebih praktis karena tidak memerlukan tanah untuk menanamnya. Hasilnya pun juga tak kalah berkualitas dibanding media tanam lain. 

Baca juga: Penting untuk Pemula, Kenali 5 Pilihan Media Tanam Hidroponik 

Melansir dari kanal YouTube Kebun Ichiro pada Kamis (13/05/2021), berikut ini cara menanam tanaman selasih menggunakan media tanam hidroponik.

Siapkan Biji Selasih

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan biji selasih, yakni membelinya langsung ke toko bunga dan tanaman serta memetiknya dari tanaman selasih. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Menanam Terong Ungu di Media Polybag

Jika ingin memetik biji selasih dari tanamannya langsung, pastikan bunga dari tanaman tersebut sudah kering. Lalu, cabut kantung bunga selasih dan keluarkan bijinya. Dalam satu kantung atau bunga selasih terdapat tiga sampai empat biji.

Siapkan Rockwool

Rockwool sebagai salah satu media tanam hidroponik.Hasil tangkap layar The Garden Granny Rockwool sebagai salah satu media tanam hidroponik.

Selanjutnya siapkan rockwool, media tanam hidroponik yang dipakai untuk menanam biji selasih. 

Baca juga: Cara Pemangkasan Tanaman Cabai yang Benar dan Manfaatnya

Rockwool merupakan kumpulan serat yang berbentuk busa dan terbuat dari lelehan batu gunung berapi seperti batu basalt. Media tanam ini sangat ramah lingkungan.

Untuk menanam biji selasih, potong rockwool berbentuk dadu dengan ukuran 1x1 sentimeter dan lubangi. 

Baca juga: Simak, Manfaat dan Tips Menanam Tanaman Secara Hidroponik

Masukkan Biji Selasih ke Rockwool

Setelah melubangi rockwool, masukkan biji selasih ke lubang. Dalam satu rockwool berukuran 1x1 sentimeter dapat bisa diisi tiga sampai empat biji selasih. Masukkan dengan hati-hati karena mengingat biji selasih sangat kecil. 

Letakkan di Instalasi Sebelum Disemai

Sebelum disemai, biji selasih perlu diletakan di instalasi. Untuk meletakkanya, ada langkah-langkah yang perlu dilakukan agar tidak salah. Berikut ini cara merawat biji selasih di instalasi sebelum disemai. 

  • Pastikan meletakkan rockwool di tempat gelap.
  • Lalu tutupi rockwool dengan plastik hitam dan hindari terkena sinar matahari langsung agar rockwool tidak kering.
  • Selama didiamkan dalam instalasi, pastikan membasahi rockwool dengan water sprayer agar tidak terlalu basah, tapi tetap melembapkan.
  • Cek secara berkala setiap 1x24 jam. Jika sudah tumbuh bibit atau berkecambah, segera berikan paparan sinar matahari.

Baca juga: Panduan Berkebun Hidroponik di Rumah untuk Pemula

Pindahkan ke Instalasi Hidroponik NFT atau DFT

Spons sebagai salah satu media tanam hidroponik.Hasil tangkap layar The Garden Granny Spons sebagai salah satu media tanam hidroponik.

Sistem instalasi NFT biasanya digunakan untuk skala industri, sedangkan sistem DFT lebih cocok untuk skala kecil atau lahan sempit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com