Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2021, 16:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menanam tanaman, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan cara hidroponik.

Hidroponik adalah bentuk berkebun yang tidak menggunakan tanah, melainkan menanam berbagai tanaman dalam larutan air dan nutrisi. 

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (24/4/2021), tanaman yang tumbuh secara hidroponik seringkali menghasilkan lebih banyak, membutuhkan lebih sedikit ruang, dan menggunakan lebih sedikit air dibandingkan dengan berkebun konvensional.

Baca juga: Panduan Berkebun Hidroponik di Rumah untuk Pemula

Sistem hidroponik juga bisa menjadi solusi ideal bagi penghuni apartemen maupun urban yang tidak memiliki petak berkebun outdoor.

Tanaman termudah untuk memulai menggunakan sistem adalah sayuran hijau seperti selada, bayam, lobak, dan kangkung; herba seperti kemangi, peterseli, oregano, ketumbar, dan mint; dan tanaman berbuah seperti tomat, stroberi, dan cabai.

Namun, sayuran umbi seperti kentang, wortel, dan bawang tidak cocok.

Keunggulan berkebun hidroponik

Bersih: Berkebun hidroponik jauh lebih rapi daripada berkebun di dalam tanah karena tidak ada tanah yang terlibat.

Baca juga: 8 Sayur dan Buah yang Mudah Ditanam dengan Hidroponik

Lebih sedikit hama dan gulma: Dalam lingkungan yang terkendali ini, hama atau gulma sulit untuk mengganggu tanaman. Plus, semua hama atau gulma yang terbawa tanah dibasmi.

Efisien: Untuk tanaman skala besar, sistem ini lebih efisien karena tidak ada atau sedikit tenaga kerja yang dikhususkan untuk mengerjakan tanah atau untuk pengelolaan hama dan gulma.

Pertumbuhan lebih cepat dan besar: Karena tanaman mengarahkan lebih sedikit energi untuk mengembangkan sistem akar yang besar, lebih banyak energi dapat digunakan untuk pertumbuhan tanaman.

Hasil pertumbuhan lebih cepat dan lebih besar. Akar yang ditanam secara hidroponik lebih baik daripada saat ditanam di tanah.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com