Kompas.com - 12/05/2021, 15:40 WIB
Ilustrasi tanaman cabai di dalam pot. PIXABAY/LEELUUIlustrasi tanaman cabai di dalam pot.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat menanam cabai, proses pemangkasan atau biasa disebut pruning penting untuk dilakukan agar pertumbuhan cabai lebih terarah sesuai yang diharapkan.

Proses pemangkasan ini adalah memotong bagian batang daun tertentu pada tanaman cabai.

Terkait pemangkasan tanaman cabai, hal ini perlu dilakukan dengan beberapa aturan, agar tidak terjadi suatu hal yang tak diinginkan.

Baca juga: Tanaman Pendamping Cabai di Pekarangan Rumah, Tomat hingga Bunga

Dikutip dari kanal Youtube Jejak Petani, Rabu (12/5/2021), berikut ini cara pemangkasan tanaman cabai dan manfaatnya.

Cara pemangkasan tanaman cabai

Pemangkasan perlu dilakukan ketika tanaman cabai sudah memasuki usia satu bulan setelah tanam, sehingga sudah ada banyak daun antara 8 sampai 10 helai.

Pangkas bagian atas batang tanaman cabai setelah ada minimal lima helai daun di bawahnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski bisa dengan tangan langsung, pemangkasan tanaman cabai lebih disarankan menggunakan gunting agar bekas pemangkasannya merata.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Cabai pada Pakaian hingga Karpet

Lakukan pemangkasan di pagi hari supaya bekas pangkasan mudah kering dan tidak berjamur atau membusuk saat terkena sinar matahari di siang hari.

Disarankan untuk memberi pestisida organik pada bekas pemangkasan agar tanaman cabai tidak terinfeksi.

Setelah pemangkasan, lakukan pemupukan tambahan dengan pupuk daun organik agar pertumbuhan tunas atau cabang baru semakin cepat.

Manfaat pemangkasan tanaman cabai

Pemangkasan tanaman cabai bermanfaat agar tunas utamanya, bisa sampai 3-5 tunas bahkan lebih. Intinya membuat tunas jadi lebih banyak.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X