Kompas.com - 12/05/2021, 15:06 WIB
Membersihkan ruangan atau karpet menggunakan penyedot debu (vacuum cleaner), memang praktis. Namun, Anda harus memastikan telah menggunakannya dengan benar. housekeeing.about.comMembersihkan ruangan atau karpet menggunakan penyedot debu (vacuum cleaner), memang praktis. Namun, Anda harus memastikan telah menggunakannya dengan benar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah secara teratur tak hanya membuat rumah bersih, nyaman, dan rapi, tapi juga menghindari masalah kesehatan pernapasan.

Dalam pembersihan rumah, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, salah satunya membersihkan debu

Baca juga: 4 Tips Mengurangi Lapisan Debu Saat Renovasi Rumah

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (13/5/2021), membersihkan debu ini menjadi salah satu kegiatan yang tidak boleh ditunda. Debu sebagian besar terdiri atas sel kulit manusia, tungau debu dan kotorannya, bakteri, jamur, bulu hewan peliharaan, bahkan virus.

Saat debu terangkat ke udara, partikel-partikel ini dapat memicu reaksi alergi, serangan asma, dan masalah pernapasan lainnya. 

Baca juga: Cara Terbaik Membersihkan Jendela dari Kotoran dan Debu

Untuk itu, membersihkan debu secara teratur adalah kunci rumah yang sehat. Namun, ada beberapa titik di rumah yang mungkin lupa untuk dibersihkan dari debu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Demi ruangan yang bersih dan bebas alergen, penting untuk memperhatikan setiap area. Nah, berikut ini delapan area di rumah yang sering diabaikan saat membersihkan debu. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Debu di Rumah untuk Anda yang Alergi

Langit-langit 

Permukaan bertekstur pada sebagian besar plafon mudah menumpuk debu dan sarang laba-laba, tetapi kebanyakan orang tidak terlalu memikirkan area ini saat dibersihkan. Kamu dapat sapu panjang untuk membersihkan langit-langit dari debu 

Kasur dan Tempat Tidur

Karena tungau debu memakan sel kulit mati dan berkembang biak di tempat gelap, lembap, dan hangat, tempat tidur pada dasarnya adalah tempat berkembang biak yang paling utama. 

Baca juga: 4 Alat Elektronik yang Sering Menjadi Tempat Debu Menumpuk

Cegah tungau debu dengan menyedot debu secara teratur di kedua sisi kasur. Rencanakan melakukan ini sebulan sekali atau setiap kali mengganti seprai jika Anda menderita alergi debu.

Cuci seprai, termasuk bantal dan selimut, dengan air hangat atau panas untuk membantu menghilangkan alergen. Gunakan air hangat setidaknya 54 derajat Celsius untuk membunuh tungau debu secara efektif. 

Baca juga: 7 Trik Membuat Rumah Bebas Debu

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X