Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/05/2021, 11:24 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Ilustrasi tanaman cabai.PIXABAY/MARIYA Ilustrasi tanaman cabai.

JAKARTA, KOMPAS.com— Menanam cabai bisa dimana saja, bahkan di dalam ruangan. Jadi, untuk kamu yang tinggal di apartemen atau hunian yang tak memiliki halaman yang luas, kamu tetap bisa menanam cabai di dalam ruangan, lho!

Cabai memang membutuhkan cahaya matahari, namun kamu tetap bisa menanamnya di dalam rumah. Untuk memenuhi kebutuhan tumbuhan akan cahaya, kamu bisa meletakkannya di dekat jendela atau pada sisi ruangan yang terkena sinar matahari.

Bagi kamu yang ingin mencoba menanam cabe di dalam rumah, berikut adalah cara mudah menanamcabai dalam ruangan seperti dilansir dari Homedit, Senin (10/5/2021).

Baca juga: Cara Menanam Cabai dari Biji, Bisa di Tanah Maupun di Pot

1. Suhu yang hangat

Cabai menyukai suhu hangat yang konsisten. Tanaman ini tak menyukai suhu yang dingin, untuk itu, jika kamu menanamnya di dalam ruangan, letakkan cabai di dekat jendela dimana mereka akan mendapatkan banyak sinar matahari.

2. Pupuk dan air

Ilustrasi pupuk organik.SHUTTERSTOCK/SINGKHAM Ilustrasi pupuk organik.

Cabai adalah tanaman yang mudah haus, tapi juga tak suka jika tanahnya terlalu lembab. Jadi menyiramnya harus tepat dan sesuai dengan kebutuhannya.

Namun, jangan biarkan tanaman cabaimu kehausan. Karenanya, jangan lupa menyirami tanaman.

Cabai juga akan memberitahu pemiliknya jika ia kekurangan nutrisi atau air. Salah satu tandanya adalah pohon yang layu atau perubahan warna pada daun tanaman.

Untuk itu sebaiknya siramlah tanaman tepat waktu dan beri juga pupuk sesuai kebutuhannya.

Baca juga: Hama dan Penyakit yang Sering Menyerang Cabai dan Cara Mengatasinya

3. Pot yang sesuai dengan ukuran

Ilustrasi tanaman cabai. PIXABAY/HANS LINDE Ilustrasi tanaman cabai.

Jangan berikan cabai pot atau wadah yang terlalu kecil. Karena, tanaman cabai memiliki bola akar padat penghisap air yang membuat mereka semakin mudah merasa haus jika potnya terlalu kecil

Pot untuk cabai juga tidak boleh terlalu besar. Karena, jika terlalu banyak air mengendap di dasar yang tak bisa diserap oleh akar tanaman, akan menyebabkan tanaman rentan mengalami busuk akar.

Jika air tampak langsung terserap saat kamu menyiramnya, segera pindahkan tanaman ke dalam pot yang lebih besar.

Baca juga: Bunga Tanaman Cabai Rontok? Ini 3 Penyebab Utamanya

4. Pangkas

Jangan takut untuk memangkas ya, karena memangkas pada ujung daun justru akan merangsang tanaman untuk memproduksi lebih banyak bunga.

Pemangkasan sebaiknya dilakukan sebelum cabai mencapai usia pertumbuhan maksimalnya.

5. Penyerbukan tangan

Ilustrasi tanaman cabai, bunga cabai.SHUTTERSTOCK/NAZARUK NAZAR Ilustrasi tanaman cabai, bunga cabai.

Cabai sebenarnya bisa melakukan penyerbukan sendiri, tetapi menggosok bunganya dengan kuas kecil dapat membantu cabai menghasilkan lebih banyak buah.

Biasanya hal ini akan dibantu oleh angin jika cabai ditanam di luar ruangan. Namun, karena kamu menanamnya di dalam ruangan, ada baiknya kamu membantu penyerbukannya dengan lembut.

Baca juga: Begini Cara Menanam Cabai Rawit untuk Pemula

Cabai membutuhkan waktu beberapa minggu untuk berbuah dan menjadi matang. Kamu harus bersabar sembari terus merawatnya dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com