Kompas.com - 10/05/2021, 08:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing adalah hewan peliharaan yang penuh dengan tingkah laku menggemaskan, juga membuat geregetan setiap pemiliknya.

Salah satu hal yang membuat geregetan dari tingkah laku hewan berkumis ini adalah seringkali menggaruk-garuk furnitur cantik di rumah, seperti sofa, kursi, karpet, gorden, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, tak jarang furnitur yang ada di rumah pemilik kucing umumnya dipenuhi dengan bekas garukan atau cakaran dari kuku tajam kucing.

Baca juga: 6 Cara Menjinakkan Kucing Liar

Terkait perilaku kucing yang kerap menggaruk-garuk furnitur, ada beberapa alasan mengapa mereka bertindak demikian, yang mana bukan berarti kucing adalah hewan perusak.

Dilansir dari beberapa sumber, Senin (10/5/2021), berikut ini beberapa alasan mengapa kucing peliharaan menggaruk furnitur.

Alasan kucing suka menggaruk furnitur

1. Mempertajam kuku

Menggaruk adalah perilaku alami kucing, dan ini memiliki banyak manfaat baginya. Saat kucing menggaruk, kukunya menjadi tetap tajam karena terkikir, sehingga mereka tetap bisa memanjat dan mencengkeram.

2. Melatih tubuh

Tindakan kucing yang menggaruk juga berfungsi sebagai bentuk latihan, membangun kekuatan, dan kelenturan.

Baca juga: Cara Menangani Kucing yang Penakut

Menggaruk melatih otot-otot di kaki depan dan tulang belakang kucing untuk membantunya tetap bugar. Permukaan yang dipilih untuk digaruk biasanya kaku sehingga tidak bergerak saat kucing menggaruk.

3. Menandai wilayah

Selain aroma yang mereka miliki hingga urinnya, kucing yang menggaruk furnitur juga bisa jadi cara mereka untuk menandai wilayahnya.

Goresan bekas garukan kucing secara visual menunjukkan bahwa mereka telah mengklaim area tersebut.

Jadi, kucing bermaksud mengirimkan "pesan" pada hewan atau kucing lain bahwasanya barang yang sudah mereka tandai itu adalah miliknya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.