Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/05/2021, 08:59 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing adalah hewan peliharaan yang penuh dengan tingkah laku menggemaskan, juga membuat geregetan setiap pemiliknya.

Salah satu hal yang membuat geregetan dari tingkah laku hewan berkumis ini adalah seringkali menggaruk-garuk furnitur cantik di rumah, seperti sofa, kursi, karpet, gorden, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, tak jarang furnitur yang ada di rumah pemilik kucing umumnya dipenuhi dengan bekas garukan atau cakaran dari kuku tajam kucing.

Baca juga: 6 Cara Menjinakkan Kucing Liar

Terkait perilaku kucing yang kerap menggaruk-garuk furnitur, ada beberapa alasan mengapa mereka bertindak demikian, yang mana bukan berarti kucing adalah hewan perusak.

Dilansir dari beberapa sumber, Senin (10/5/2021), berikut ini beberapa alasan mengapa kucing peliharaan menggaruk furnitur.

Alasan kucing suka menggaruk furnitur

1. Mempertajam kuku

Menggaruk adalah perilaku alami kucing, dan ini memiliki banyak manfaat baginya. Saat kucing menggaruk, kukunya menjadi tetap tajam karena terkikir, sehingga mereka tetap bisa memanjat dan mencengkeram.

2. Melatih tubuh

Tindakan kucing yang menggaruk juga berfungsi sebagai bentuk latihan, membangun kekuatan, dan kelenturan.

Baca juga: Cara Menangani Kucing yang Penakut

Menggaruk melatih otot-otot di kaki depan dan tulang belakang kucing untuk membantunya tetap bugar. Permukaan yang dipilih untuk digaruk biasanya kaku sehingga tidak bergerak saat kucing menggaruk.

3. Menandai wilayah

Selain aroma yang mereka miliki hingga urinnya, kucing yang menggaruk furnitur juga bisa jadi cara mereka untuk menandai wilayahnya.

Goresan bekas garukan kucing secara visual menunjukkan bahwa mereka telah mengklaim area tersebut.

Jadi, kucing bermaksud mengirimkan "pesan" pada hewan atau kucing lain bahwasanya barang yang sudah mereka tandai itu adalah miliknya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com