Kompas.com - 09/05/2021, 07:28 WIB
Ilustrasi kucing. PIXABAY/AMAYA EGUIZABALIlustrasi kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun ada beberapa kucing yang terlihat memiliki energi yang banyak dan gesit, namun beberapa kucing lainnya memiliki kepribadian yang berbeda yakni lebih penakut dan pendiam.

Bahkan kucing seperti ini lebih menyukai bersembunyi dari manusia dan hewan lainnya.

Jika kucing Anda termasuk yang memiliki kepribadian penakut, dilansir dari The Spruce, Minggu (9/5/2021) ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menenangkan ketakutan kucing sebagai berikut.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Cara Menggendong Kucing yang Tepat

Ciptakan Lingkungan yang Menenangkan

Kucing adalah pengamat dan pada dasarnya sangat berhati-hati. Mereka meluangkan waktu untuk mengetahui segalanya dan semua orang sebelum mereka merasa cukup nyaman untuk menjelajah dan bersosialisasi.

Pada kucing pemalu atau kucing penakut, sebaiknya biarkan mereka menyelesaikan masalah ini sendiri, tetapi ada cara untuk mendukungnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bentuk dorongan atau dukungannya adalah dengan menyediakan tempat tenang untuk kucing agar ia merasa aman dan bisa kabur saat dibutuhkan.

Berikan Ruang Khusus

Terkadang memiliki satu rumah penuh untuk dijelajahi terlalu berat bagi seekor kucing, jadi Anda mungkin perlu mempersempit jangkauan kucing untuk sementara.

 

Baca juga: Awas, Kucing Bisa Tidur di Kotak Pasir Kotoran, Ini 3 Penyebabnya

Ingatlah bahwa kucing bersifat teritorial, jadi memiliki ruang yang besar untuk "mengawasi" bisa membuat Anda kewalahan.

Membuat ruangan khusus untuk kucing Anda bisa menjadi pendekatan yang baik. Hal ini berarti menciptakan rumah di dalam rumah dan memiliki semua kenyamanan yang dibutuhkan kucing, termasuk makanan, sampah, tempat tidur, dan mainan.

Pertama-tama, Anda bisa menutup pintu hingga kucing beradaptasi dengan lingkungannya. Setelah beberapa saat, buka pintu dan biarkan ia menjelajahi bagian rumah lainnya. Ini mungkin terjadi pada malam hari ketika semua orang tertidur.

Anda juga dapat meninggalkan semangkuk camilan di ruangan lain untuk mendorong kucing Anda menjelajah lebih sering.

Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X