Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/05/2021, 15:11 WIB
Lolita Valda Claudia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjinakkan kucing liar bukanlah perkara mudah. Kucing liar biasanya sulit mendekat dengan manusia apalagi jika mereka punya trauma atau pengalaman buruk. Tapi, bukan berarti menjinakkan kucing liar adalah hal mustahil.

Melansir dari The Merrimack River Feline Rescue Society Caring for Cats in Need (MRFRS) pada Minggu (9/5/2021) berikut cara menjinakkan kucing liar untuk dijadikan hewan peliharaan.

Klasifikasi Kucing Liar

Para pakar penyelamat hewan atau animal rescue mengklasifikasikan kucing liar dalam tiga kategori yakni bersosialisasi, semi-liar, dan liar.

Baca juga: Cara Menangani Kucing yang Penakut

Kucing yang termasuk dalam kategori bersosialisasi biasanya akan mudah akrab dengan manusia. Sedangkan kucing liar hanya sedikit atau tidak pernah berkontak langsung dengan manusia.

Sementara itu, kucing kategori semi-liar berada di antara keduanya. Mereka cenderung menghindari disentuh, tetapi akan bersuara ketika berada di sekitar manusia atau bahkan melakukan kontak mata.

Cara Menjinakkan Kucing Liar

Meskipun membutuhkan waktu yang tak sebenar, tapi setidaknya dengan enam langkah ini kamu bisa lebih dekat bahkan berhasil menjinakkan kucing liar. Berikut cara menjinakkan kucing liar.

1. Biarkan kucing melakukan pendekatan lebih dulu

Kucing American shorthairUnsplash Kucing American shorthair

Mengabaikan kucing liar yang ingin kamu jinakkan mungkin terdengar seperti nasihat yang konyol.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Cara Menggendong Kucing yang Tepat

Tapi Becky Robinson, pendiri Alley Cat Allies, menjelaskan bahwa dengan mengabaikan kucing liar, maka akan memancing rasa ingin tahu si kucing sehingga membuatnya tertarik untuk mendekat.

Robinson juga mengungkapkan bahwa kucing adalah hewan yang mencari kesenangan dan perhatian. Jika mereka terbiasa dengan orang lain, maka mereka akan selalu meminta diperharikan oleh orang tersebut.

Jika si kucing sudah mulai mendekat dengan sendirinya, maka ini saatnya untuk memberikan interaksi positif dengan menunjukkan sikap bahwa kamu dapat dipercaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com