Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2021, 09:31 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seekor kucing peliharaan menjadi hewan yang mudah tidur di berbagai tempat mana pun, umumnya mereka meringkuk di tempat yang hangat dan nyaman.

Namun, kebiasaan tidur kucing terkadang bisa berubah. Seekor kucing peliharaan bisa saja terlelap di kotak kotorannya, tentu saja hal ini menjijikkan.

Meski mengejutkan, kucing yang tidur di kotak kotoran sebenarnya adalah perilaku yang cukup sering terjadi. Saat kucing tiba-tiba mulai tertidur di kotak pasirnya, penting untuk memahami apa yang mungkin menyebabkan perubahan ini.

Baca juga: 7 Fakta Unik Ras Kucing Manx yang Tidak Punya Ekor

Meskipun situasi tertentu dapat membuat kucing menggunakan kotak kotorannya sebagai tempat tidur, ada beberapa penyebab medis yang juga dapat menyebabkan perilaku ini.

Dilansir dari The Spruce Pets, Sabtu (8/5/2021), berikut ini beberapa alasan atau penyebab yang membuat kucing tidur di kotak kotoran.

Penyakit

Banyak penyakit yang berbeda dapat menyebabkan kucing mulai tidur di kotak kotorannya.

Selain perubahan lokasi tidur, mencari perubahan lain dalam perilakunya dapat memberi gambaran setiap pemilik kucing tentang kemungkinan masalah ini.

Baca juga: Bukan Menangis, Ini Penyebab Kucing Mengeluarkan Air Mata

Jika kucing peliharaanmu lesu dan tidak makan atau minum dengan normal, ini dapat mengindikasikan rasa sakit, kemungkinan infeksi, dan kemungkinan masalah kesehatan lainnya.

Masalah saluran kencing juga dapat membuat kucing tidur di kotak kotorannya.

Infeksi saluran kemih atau kristal kemih dapat membuat kencing terasa sakit atau bahkan tidak mungkin bagi kucing untuk kencing.

Tanda-tanda infeksi saluran kemih pada kucing adalah seperti merasa tidak nyaman saat buang air kecil, atau keluar masuk kotak kotoran berulang kali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com