Kompas.com - 07/05/2021, 16:24 WIB
Ilustrasi kucing manx Instagram.com/queennubbinsIlustrasi kucing manx

JAKARTA, KOMPAS.com- Pernahkan kamu melihat kucing tanpa ekor? Jika belum, kamu harus berkenalan dengan ras kucing Manx.

Kucing yang memiliki sebutan Rumpy ini merupakan salah satu ras kucing tertua yang ditemukan pertama kali pada abad ke-18 di Amerika Utara. 

Baca juga: Cara Menangani dan Menyembuhkan Kucing Flu di Rumah 

Sama dengan ras kucing lainnya, Manx juga memiliki keunikan sendiri. Penasaran seperti apa?Yuk, berkenalan lebih jauh dengan ras kucing Manx. Nah, berikut ini fakta unik tentang kucing Manx dilansir dari Mentalfloss, Jumat (7/5/2021). 

Tidak Memiliki Ekor karena Mutasi Gen

Sejarah keberadaan kucing Manx dimulai dari Isle of Man, sebuah pulau terpencil yang terletak di Laut Irlandia antara Inggris Raya dan Irlandia.

Diketahui, ratusan tahun yang lalu, mutasi genetik menyebabkan satu atau lebih kucing di Isle of Man lahir tanpa ekor. 

Baca juga: Bukan Menangis, Ini Penyebab Kucing Mengeluarkan Air Mata

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena populasi kucing di Isle of Man sedikit, maka kerap terjadi perkawinan sedarah selama beberapa generasi sehingga mutasi genetik itu mempengaruhi kucing-kucing lokal yang ada di pulau terkecil itu. 

Pelopor Pertunjukkan Kucing Pertama Di dunia

Para pencinta hewan di Inggris mulai memamerkan kucing Manx di beberapa pertunjukan kucing. Pertunjukkan kucing ras Manx pertama kali diselenggarakan pada abad ke-19.

Baca juga: 5 Cara Bikin Kucing Cepat Gemuk 

Selain itu, kucing Manx juga menjadi salah satu kucing ras pertama yang didaftarkan pada Cat Fanciers' Associations, sebuah organisasi kucing yang didirikan di Amerika Serikat, pada 1906.

Memiliki Warna dan Motif Bulu yang Beragam

Ilustrasi kucing ManxBiel Morro on Unsplash Ilustrasi kucing Manx

Kucing tanpa ekor ini mempunyai berbagai warna dan corak kucing. Mulai dari, merah, putih, hitam, krem, biru, hingga silver

Baca juga: Kucing Muntah? Jangan Sepelekan, Ini Penyebabnya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X