Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Menghilangkan Noda Spidol Permanen pada Benda-benda di Rumah

Kompas.com - Diperbarui 24/02/2023, 08:42 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah yang terdapat atau memiliki anak kecil lebih berisiko berantakan dan mudah kotor. Anak-anak kerap berlarian, menginjak-injak sofa, memberantakan barang-barang, bahkan mencoret-coret tembok atau furnitur menggunakan spidol permanen.

Tindakan mencoret-coret ini bisa dikatakan yang paling membuat orang tua stres.

Sebab, selain menambahkan pekerjaan bersih-bersih, spidol permanen sudah pasti tidak bisa dihilangkan dan membuat barang-barang yang terkena menjadi kotor juga buruk. 

Baca juga: Simak, Cara Menghilangkan Noda Krayon dan Spidol di Dinding

Ilustrasi anak-anak mencoret sofa dengan spidol. SHUTTERSTOCK/HALYNAROM Ilustrasi anak-anak mencoret sofa dengan spidol.

Untuk itu, para orang tua perlu mengawasi anak mereka ketika bermain. Apalagi, mengingat setiap permukaan di rumah bisa menjadi kanvas potensial bagi anak.

Namun, tak usah khawatir, ternyata noda spidol permanen masih bisa dihilangkan, asalkan dengan cara pembersihan yang tepat.

Nah, berikut ini cara menghilangkan menghilangkan noda spidol permanen dari permukaan benda apa pun, dari kayu, plastik, kain, sampai furniture, dilansir Cleanipedia UK. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Air di Karpet, Dinding, dan Sofa

1. Alkohol

Alkohol isopropil atau sering disebut alkohol gosok sangat efektif menghilangkan bahan kimia dalam tinta permanen. Bahkan Anda dapat menggunakan minuman keras jika mengandung lebih dari 40 persen alkohol.

Caranya, teteskan alkohol ke kain kering yang bersih, kemudian oleskan pada benda yang terkena noda spidol dan gosok sampai noda menghilang. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com