Simak, Cara Menghilangkan Noda Krayon dan Spidol di Dinding

Kompas.com - 06/01/2021, 11:47 WIB
Ilustrasi membersihkan dinding. SHUTTERSTOCKIlustrasi membersihkan dinding.

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat dinding putih memang menjadi pilihan banyak orang, karena dapat memberikan kesan luas dan bersih pada ruangan. 

Namun, tak bisa dipungkiri warna cat dinding putih memiliki kemungkinan lebih besar cepat kotor dan lebih terlihat daripada warna cat lainnya. Misalnya terkena debu, coretan pulpen, atau bahkan coretan krayon si kecil.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (6/1/2021), ada beberapa cara untuk menghilangkan noda krayon dari cat dinding dengan berbagai cara ini.

Baca juga: 6 Warna Cat Dinding yang Cocok untuk Ruang Tamu Sempit

1. Gunakan kaos dan setrika 

Cara terbaik untuk menghilangkan krayon dari dinding adalah dengan melipat kaos lama menjadi bantalan setebal beberapa lapis dan meletakkannya di atas noda. Kemudian, atur setrika dengan kepanasan sedang dan tempelkan di atas bantalan.

Hawa panas akan langsung melelehkan krayon dan menghilangkan bekasnya dari dinding dan kemudian menempel ke kaos. Jika Anda ada beberapa noda untuk dihilangkan, putar dan lipat kembali kaos.

2. Hair dryer

Jika T-shirt dan trik setrika tidak menghilangkan bekas krayon sepenuhnya, panaskan noda tersebut dengan pengering rambut dan bersihkan dengan tisu. Hindari untuk menggosok noda tersebut karena akan membuat noda lebih banyak dan sulit untuk dibersihkan.

Setelah noda tersebut hilang, tutup dengan lapisan berbahan dasar minyak berpigmen putih, kemudian ampelas tipis di antara lapisan.

Baca juga: 5 Kesalahan Pemilihan Cat yang Bikin Dinding Rumah Tampak Kotor

3. Baking soda, cuka, dan pasta gigi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X