Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Jarak Rak Dinding Dapur yang Pas? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 24/12/2020, 14:01 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beragam cara untuk menyiasati ruangan kecil di dalam rumah, salah satunya di area dapur. Mulai dari pemilihan warna cat, furnitur, dan membuat beragam penyimpanan menjadi beberapa solusinya.

Penyimpanan pun bisa beragam, salah satunya Anda bisa membuat rak dinding di dapur untuk meletakkan bumbu, dapur, hingga perlengkapan memasak lainnya.

Namun, sebenarnya berapa ukuran dan tinggi yang ideal untuk rak dinding dapur?

 

Baca juga: Cara Menghilangkan Lemak pada Dinding Dapur, Pakai 2 Bahan Ampuh Ini

Dilansir dari The Kitchn, Kamis (24/12/2020), untuk menghitung ketinggian rak dinding yang tepat, kita harus juga menghitung ketinggian meja dapur serta memerhatikan jarak anatara furnitur satu dengan yang lainnya sehingga dapat menghasilkan jarak yang sesuai.

1. Ketinggian Meja Dapur

Standar ketinggian meja dapur yang tepat sekitar 34 hingga 36 inci, namun ini dapat lebih bervariasi berdasarkan ukuran dan preferensi Anda.

Cara terbaik untuk menentukan ketinggian permukaan meja dapur yang nyaman adalah dengan cara berdiri tegak dan tekuk lengan Anda seperti saat sedang memotong bawang di talenan dan ukur.

Idealnya, permukaan meja dapur berada tiga hingga empat inci di bawah siku Anda yang tertekuk.

Baca juga: Simak, Cara Menghilangkan Bau Amis di Dapur

2. Kedalaman Rak

Jika Anda membuat kabinet atau rak di dinding haris diukur kedalamannya, sehingga dapat dengan mudah meraih benda yang ada di dalamnya.

Standar ke dalamannya sekitar 24 inci. Namun seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya jika ini dapat bervariasi tergantung tinggi seseorang.

Jadi, hitung dengan cara berdiri di depan dinding yang akan dijadikan rak, kemudian angkat tangan Anda seakan ingin meraih sesuatu di atas rak, dan ukur.

3. Jarak Rak dan Meja Dapur

Jarak dari rak ke bagian meja dapur sekitar 15 hingga 20 inci, jika lebih rendah hal ini akan menganggu aktivitas memasak Anda. Namun jika terlalu tinggi, akan membuat Anda sulit meraih atau mencapai rak paling atas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com