Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Wastafel Dapur, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Kompas.com - 19/12/2020, 07:56 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wastafel di dapur merupakan satu bagian yang tidak boleh diabaikan dalam pemilihannya, agar berdaya tahan lama.

Wastafel yang memiliki kualitas bagus dapat bertahan selama 15 tahun, meskipun wastafel terbaik pun dapat mengalami goresan seiring berjalannya waktu.

Oleh sebab itu, seperti yang dilansir dari Home Guides, Sabtu (19/12/2020), dengan memahami ukuran standar dapat memudahkan dalam mendesain dapur serta bisa membuatnya lebih memiliki daya tahan lama.

Baca juga: Simak, Ini Jenis Keramik Dinding Dapur yang Dapat Dipilih

1. Menetapkan standar

Wastafel dapur rata-rata berukuran 55-72 cm atau lebih. Wastafel berbentuk mangkuk tunggal memiliki ukuran selebar 83 cm, sedangkan unit mangkuk ganda dapat berukuran 1 meter lebih.

Sementara itu, bak kecil yang berukuran 20-35 cm untuk memudahkan aktivitas di dapur dan tinggi standar wastafel untuk orang Indonesia anjurannya adalah 80 cm dari lantai.

2. Kedalaman

Kebanyakan wastafel dapur memiliki kedalaman yang bervariasi dari 20-25 cm, wastafel dengan kedalaman 25 cm memudahkan untuk merendam panci, wajan, dan peralatan masak lainnya.

Wastafel yang lebih dangkal memungkinkan untuk lebih mudah menjangkau dan melakukan kegiatan mencuci. Saat memilih kedalaman wastafel yang perlu diingat adalah, pemasangan wastafel akan lebih dalam sekitar 2 inci sehingga membuat bagian bawahnya lebih sulit dijangkau.

Baca juga: Cara Cepat Membersihkan Dapur, Bisa Cuma 5 Menit

3. Tetap dalam proporsi

Bahkan wastafel standar 55-72 cm mungkin tampak terlalu besar di dapur kecil.

Namun, jika dapur Anda melebihi 150 meter persegi, carilah unit yang lebih besar, termasuk unit mangkuk ganda atau tiga yang lebih lengkap untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang lebih besar.

4. Menemukan yang sesuai

Salah satu kriteria terpenting untuk memilih ukuran wastafel dapur melibatkan wastafel yang sesuai dengan kitchen set atau lemari dapur.

Lemari rata-rata berukuran dalam 60 cm x 91 cm hingga 100 cm dan lebar 66 cm. Wastafel standar sangat cocok dengan lemari berukuran ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com