Kompas.com - 08/05/2021, 10:34 WIB
Ilustrasi membersihkan rumah shutterstockIlustrasi membersihkan rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain melelahkan dan membuat banjir keringat, aktivitas bersih-bersih alias membersihkan rumah nyatanya juga bisa banyak menghabiskan waktu berharga seseorang tanpa disadari.

Membersihkan segala sesuatu yang ada di dalam rumah adalah hal positif yang baik untuk kesehatan, membuat nyaman, dan enak untuk dilihat.

Tapi, membuang banyak waktu dari proses kegiatan bersih-bersih juga harus dipikirkan, agar waktu yang terbuang percuma bisa digunakan untuk hal lain yang juga penting.

Baca juga: 6 Mitos Membersihkan Rumah yang Masih Dipercaya sampai Sekarang

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (8/5/2021), berikut ini adalah beberapa tips menghemat waktu dalam aktivitas bersih-bersih yang akan membantu mengembalikan waktu luang.

1. Lebih efisien

Kurangnya efisiensi karena kepribadian yang eklektik (terlalu banyak pilih), pikiran yang mudah terganggu, atau kemalasan adalah salah satu alasan utama mengapa membersihkan sesuatu di rumah bisa memakan waktu berjam-jam.

Ketika terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk membersihkan sesuatu, kamu mungkin tidak membersihkannya dengan benar dan terlalu banyak melakukan metode pembersihan yang berbeda.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tips Praktis: Jangan mencoba melakukan lebih dari satu tugas pembersihan sekaligus. Fokus pada hal utama yang harus dibersihkan.

Baca juga: Ternyata, Membersihkan Rumah Bisa Usir Stres

2. Jangan menunda

Sejauh menyangkut pekerjaan rumah, menunda-nundanya adalah mimpi buruk. Semakin lama membiarkan kekacauan menumpuk, semakin sulit untuk dibersihkan.

Menunda-nunda pembersihan membuat kekacauan menjadi lebih banyak. Jadi, apa yang seharusnya cepat dibersihkan malah bisa jadi lama akibat penumpukan kotoran.

Tips Praktis: Jangan bekerja terlalu cepat, lakukan upaya rutin untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah.

3. Jangan ada ruang berantakan

Kekacauan atau sesuatu yang berantakan dan kotor itu buruk. Semakin banyak kekacauan semakin tidak pernah baik untuk lingkungan tempat tinggal.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X