Kompas.com - 06/05/2021, 07:23 WIB
Ilustrasi karpet di dalam rumah. PEXELS/VLADA KARPOVICHIlustrasi karpet di dalam rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam hal membersihkan rumah, tak hanya debu saja yang bisa membuat rumah menjadi tampak kotor, namun noda air di beberapa tempat juga dapat menyebabkan kesan kotor dan harus dibersihkan.

Biasanya, noda air ini dapat ditemukan di beberapa furnitur dengan macam-macam jenis airnya.

Misalnya, biasanya di sofa atau karpet ditemukan noda air seperti tumpahan kopi, teh, jus, dll, dan di dinding ditemukan noda air karena kebocoran.

 

Baca juga: 6 Bahan Ini Efektif Hilangkan Noda Deodoran di Pakaian

Dilansir dari Real Simple, Kamis (6/5/2021), untuk membersihkan noda ini, penting untuk mengetahui bagaimana noda tersebut terbentuk sejak awal. Lantas, bagaimana cara menghilangkan noda air ini? Berikut ulasannya.

Cara membersihkan noda air di kain

Meskipun Anda mungkin berusaha sekuat tenaga untuk melindungi sofa kain atau kursi berlengan dari tumpahan kopi, noda saus, atau jus favorit Anda, ada kemungkinan jika noda tumpahan tersebut akan membuat furnitur Anda kotor.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, jangan khawatir, karena noda tersebut bisa diatasi dengan bahan yang mudah ditemukan di dapur, yakni cuka.

Cuka adalah bahan alami utama yang dapat digunakan untuk tugas pembersihan apa pun. Namun, yang harus diperhatikan adalah sangat penting untuk melakukan tes sebelum membersihkan kain, dan hanya mengaplikasikan bahan pada sebagian kecil.

Baca juga: Cara Efektif Bersihkan Sofa Sesuai dengan Jenis Noda dan Kotoran

Untuk hasil terbaik, direkomendasikan untuk membasahi lap dengan air dan cuka dengan perbandingan lebih banyak air.

Kemudian, gosok perlahan pada kain untuk menghilangkan noda, dan bilas dengan air bersih (hanya dilap saja).

Cara membersihkan noda air di tembok

Jika di sofa noda tumpahan teh yang paling sering ditemukan, di dinding biasanya ditemukan noda air besar akibat kebocoran. Jika hal tersebut terjadi, harus segera dibersihkan untuk mencegah kerusakan permanen atau jamur.

Menghilangkan noda air dari dinding sedikit lebih sulit, tetapi jika Anda melakukannya dengan benar, Anda dapat menghilangkannya dengan cepat dan mudah. Pertama, periksa dinding untuk memastikan tidak ada kebocoran lagi.

 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X