Kompas.com - 07/05/2021, 14:40 WIB
Ilustrasi kucing UNSPLASH/ELVIRA VISSERIlustrasi kucing

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing menjadi hewan peliharaan favorit bagi beberapa orang karena memiliki tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan.

Bahkan, seringkali mereka mengekspresikan keadaan perasaannya dengan bahasa tubuhnya.

Dilansir dari The Spruce Pets, Jumat (7/5/2021), para peneliti telah menemukan bahwa kucing memang memiliki emosi.

Baca juga: Cara Menangani dan Menyembuhkan Kucing Flu di Rumah

Kucing dapat membaca ekspresi wajah manusia, dan dapat mengekspresikan perasaannya melalui tingkah laku, seperti mendengkur, menggosok, bermain, atau berinteraksi dengan manusia dan hewan lainnya jika mereka sedang bahagia.

Kemudian, kucing yang sedih mungkin menarik diri, kehilangan nafsu makan, atau menjadi kurang energik.

Mata kucing berair bukan berarti menangis

Sementara itu, kucing yang marah atau ketakutan akan mendesis, melengkungkan punggungnya atau, menggeram. Kucing yang cemas, marah, atau kesal mungkin mengeluarkan suara yang mirip dengan rengekan manusia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan, kerap ada beberapa kucing yang mengalami mata berair seperti menangis.

Baca juga: Flu pada Kucing: Gejala, Pengobatan dan Efek Jangka Panjang

Lantas, apakah benar jika kucing dengan mata berair mengartikan mereka menangis? Namun, sebenarnya ketika mata kucing berair, hal itu bukan menandakan jika mereka menangis.

Mata kucing berair karena sejumlah alasan, tetapi semuanya bersifat medis, bukan emosional. Misalnya, mungkin karena iritasi mata akibat setitik debu atau cakaran kucing lain.

Air mata juga dapat disebabkan oleh penyakit menular seperti infeksi saluran pernapasan bagian atas. Saluran air mata yang tersumbat juga dapat menyebabkan mata berair.

Alasan lain yang mungkin menyebabkan mata berkaca-kaca kucing meliputi konjungtivitis (mata merah muda), infeksi, alergi, masalah struktural (kucing dengan kepala bulat lebih cenderung menangis atau mengeluarkan air mata).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X