Kompas.com - 07/05/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi ruang belajar anak Unsplash/Slava KeyzmanIlustrasi ruang belajar anak

JAKARTA,KOMPAS.com - Bagi para orang tua, mengajak atau menyuruh anak belajar adalah hal yang sulit dilakukan, apalagi di situasi pembelajaran jarak jauh atau sekolah online saat ini. 

Anak-anak sering kali susah atau menolak diajak belajar lantaran menganggap mereka berada di rumah alias libur sekolah. Untuk itu, para orang tua harus pintar-pintar menyiasati berbagai cara agar si kecil mau belajar. 

Baca juga: 5 Faktor yang Perlu Diperhatikan Saat Mendesain Ruang Belajar Anak

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menata atau mendekorasi ruang belajar anak menjadi ramah, seru, juga menyenangkan. Dengan demikian, anak akan merasa senang, bahkan merasa seperti tidak sedang belajar. 

Nah, berikut ini beberapa tips dan ide mudah untuk mendekorasi ruang belajar anak menjadi menyenangkan dilansir dari Pink Villa, Jumat (7/5/2021). 

Baca juga: Ide Menciptakan Ruang Belajar Ideal untuk Anak

Letakkan Meja Belajar di Dekat Jendela

Meja belajar adalah alat atau furnitur utama di ruang belajar. Penempatan meja belajar sangat mempengaruhi mood anak untuk belajar. Untuk itu, pilih lokasi yang tepat untuk meletakkan meja belajar. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cobalah menempatkan meja belajar anak di dekat jendela sehingga anak-anak mendapatkan cahaya alami yang bisa membuat mereka tetap aktif dan berenergi. 

Baca juga: Ingin Dekorasi Ruang Belajar Anak? Perhatikan 6 Hal Ini Dulu

Tambahkan Tanaman

Seperti diketahui, meletakkan tanaman di ruangan dan meja kerja dapat memberikan dampak positif, di antaranya memberi kesegaran, meningkatkan semangat bekerja, dan mengusir kebosanan. Orang tua juga bisa melakukan hal ini.

Letakkan beberapa tanaman di ruang belajar si kecil agar menambah udara segar, yang dapat membuat anak lebih energik. 

Baca juga: Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli Meja Samping Tempat Tidur

Pasang Wallpaper Daun

Jika Anda tidak ingin meletakkan tanaman di dalam ruangan, pilihan lain dapat menggunakan wallpaper daun untuk mendapatkan nuansa alami. Selain, menambahkan beberapa furnitur kayu.

Susun Perlengkapan Buku Belajar 

Gunakan rak di ruang belajar anak sebagai perpustakaan. Simpan buku-buku belajar anak berdasarkan tema sehingga memudahkan si kecil menemukannya. Mama juga bisa menandai rak buku dengan label. 

Baca juga: 5 Ide Menata Meja Kopi di Ruang Tamu

Gunakan Rak yang Dekoratif

Rak berbentuk hati adalah salah satu ide bagus untuk menambahkan sentuhan industrial  serta kesan ceria pada ruang belajar anak, terlebih anak perempuan. Para orang tua dapat dengan mudah mencari rak buku yang tampilannya disukai anak secara online. 

Pasang Meja Apung

Jika ingin menjaga ruang belajar anak tetap rapi, sebaiknya gunakan meja apung atau floating desk, yakni meja yang ditempelkan ke dinding tanpa menggunakan kaki meja. Dengan meja ini, ruang belajar anak akan tampak tertata serta bersih. 

Baca juga: Ide Menghias Meja Makan untuk Sahur dan Buka Puasa

Beri Kursi yang Nyaman dan Menarik

Memilih kursi belajar untuk anak juga tak kalah penting dari meja belajar. Kursi yang nyaman akan membuat anak semangat serta nyaman belajar. Orang tua dapat memilih kursi putar bergaya yang akan terlihat berkelas di ruang belajar anak. 

Padukan dengan baik

Jika ruang belajar anak menyatu dengan kamar tidur, manfaatkan ruang di atas meja belajar dan jadikan sebagai tempat penyimpanan. Lalu, pilih tempat tidur susun untuk menjadikan ruangan serbaguna bagi si kecil.



Sumber Pink Villa
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X