Kompas.com - 07/05/2021, 19:29 WIB
Ilustrasi ruang penyimpanan di lemari Unsplash/CHUTTERSNAPIlustrasi ruang penyimpanan di lemari

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari kecil biasa digunakan untuk menyimpan pakaian, seprai, handuk, serta peralatan dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Menata atau menyusun barang-barang tersebut di dalam lemari berukuran kecil secara rapi dan maksimal merupakan tantangan besar. 

“Untuk lemari kecil, Anda benar-benar harus memaksimalkan setiap inci ruang dan melakukannya secara efisien,” kata Lauren Hill, Direktur Merchandise Divisi di The Container Store, Perusahaan yang menawarkan produk penyimpanan dan lemari khusus asal Amerika Serikat, kepada Martha Stewart.

Baca juga: Tips Memilih Lemari Pakaian yang Sesuai untuk Kamar Tidur

Hill mengatakan kebanyakan lemari built-in standar atau yang umum ada di pasaran tidak menggunakan ruang secara efisien. Karena itu, memakai lemari custom atau lemari yang didesain sesuai permintaan adalah cara terbaik untuk memaksimalkan ruang penyimapan di lemari kecil.

Sayangnya, membuat lemari custom memerlukan biaya lebih banyak. Sebagai solusi, Anda dapat menghemat ruang secara pintar. Berikut ini tips menata lemari kecil agar rapi dan muat semua barang.

Baca juga: Ingin Lemari Pakaian Rapi dan Luas? Buang 5 Barang Ini

Menentukan Barang 

Sebelum menata penyimpanan, penting untuk menentukan atau memfilter barang-barang apa saja yang ingin disimpan di lemari pakaian. Apakah pakaian, seprai dan selimut, sepatu, dan aksesori.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Mengetahui bagaimana Anda ingin menggunakan ruang adalah kunci menentukan bagaimana mengatur ruang," ucap Neitra Rose dari Organizing Lifestyles. 

Baca juga: 8 Cara Mendapat Lebih Banyak Ruang di Lemari Pakaian

Setelah menentukan barang, pastikan memisahkan barang berdasarkan kategori. Hal ini akan membantu menyimpan barang-barang tersusun rapi. “Agar benar-benar teratur, Anda perlu mengelompokkan barang-barang, jadi semuanya memiliki ruang khusus,”ujar Hill.

Misalnya, jeans di satu tempat, jaket di tempat lain. Semuanya harus memiliki ruang berdasarkan barang mana yang paling sering digunakan sehari-hari. 

Baca juga: 4 Tips untuk Membuat Lemari Laminasi Milikmu Jadi Tahan Lebih Lama

Isi Rak

Banyak lemari pakaian dibangun hanya dengan satu atau dua rak atas. Apabila bisa memanfaatkan ruang ini semaksimal mungkin, Anda bisa menjadikannya tempat utama untuk menyimpan kotak sepatu, sweater, jeans, atau tas.

Rose merekomendasikan menambahkan wadah yang dapat ditumpuk dan pemisah rak untuk memisahkan kategori serta membuat lebih banyak penyimpanan vertikal. Pilih wadah yang berukuran keccil juga agar dapat menghemat ruang di lemari baju yang kecil.  

Baca juga: Cara Mencegah Jamur Muncul Pada Lemari Pakaian

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X