Kompas.com - 09/05/2021, 21:06 WIB
Ilustrasi renovasi rumah. PEXELS/RENE ASMUSSENIlustrasi renovasi rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lapisan debu yang tebal tak bisa dihindari selama proses renovasi dan pembangunan rumah. Rumah pasti akan diselimuti oleh lapisan tebal debu yang berasal dari bahan-bahan bangunan serta puing-puing. 

Lapisan debu itu menempel di dinding, lantai, jendela, dan barang-barang di rumah. Tentu saja, hal ini tidak hanya membuat kotor, tapi juga menyebabkan kekacauan, rasa tak nyaman, serta mengganggu kesehatan. 

Baca juga: Cara Terbaik Membersihkan Jendela dari Kotoran dan Debu

Pastinya juga menambah pekerjaan bersih-bersih menjadi lebih sulit. Namun, tak usah khawatir, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi jumlah debu saat renovasi rumah

Dikutip dari laman Homes to Love, Minggu (9/5/2021), Wayd Munro, kontraktor dari Focus Build, membagikan empat tips mengurangi lapisan debu yang menempel di benda-benda di rumah saat renovasi hunian

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Debu di Rumah untuk Anda yang Alergi

Simpan Barang ke Ruangan Khusus

Tips pertama yang perlu dilakukan untuk meminimalkan debu saat renovasi rumah adalah mengusahakan area di sekitar renovasi kosong dari barang-barang atau furnitur. Simpan semua barang di ruangan yang tidak tersentuh oleh pekerjaan pembangunan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perlu diingat bahwa penting menyiapkan satu atau dua ruangan kosong yang bebas dari renovasi untuk mengamankan barang-barang dari debu. 

Baca juga: 4 Alat Elektronik yang Sering Menjadi Tempat Debu Menumpuk

Tutupi dengan Terpal

Setelah itu, tutupi semua barang yang ada di ruangan dengan terpal. Bila lantai di rumah menggunakan lantai kayu, Anda juga harus meletakkan terpal di bawahnya sebelum meletakkan barang-barang karena debu bisa muncul melalui celah-celah terpal.

Selain itu, mintalah kepada para pekerja bangunan atau tukang untuk melakukan sebagian besar pekerjaan yang menghasilkan debu seperti menggergaji kayu di luar rumah bila memungkinkan. 

Baca juga: 7 Trik Membuat Rumah Bebas Debu

Tutupi Pintu dengan Plastik

Selain melakukan pekerjaan yang menciptakan debu di luar rumah, mintalah pekerja bangunan menutup ruangan atau pintu di ruangan yang sedang direnovasi dengan lembaran plastik.

Bisa pula membeli terpal plastik yang memakai ritsleting agar tak perlu repot-repot untuk menutup dan membuka ketika keluar-masuk ruangan. 

Baca juga: 4 Tanaman Ini Dapat Menghilangkan Debu di Dalam Ruangan

Bersihkan Debu yang Tersisa

Ketika memutuskan merenovasi rumah, pastikan apakah jasa renovasi juga memberikan pelayanan untuk melakukan pembersihan akhir dari bagian layanan.

Jika tidak, Anda dapat mencari orang untuk melakukan pembersihan pada akhir renovasi. Sedangkan, Anda dapat mengatasi sisa-sisa debu yang masih menempel di rumah dan barang-barang di hari berikutnya. 

Baca juga: 8 Cara Mudah untuk Menjaga Rumah Bebas Debu

Seperti diketahui, debu masih akan terus muncul kembali selama seminggu, bahkan lebih, setelah pembersihan terakhir meski sudah sering dibersihkan.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X