Kompas.com - 27/03/2021, 16:05 WIB
Ilustrasi TV di rumah. UNSPLASH/KAM IDRISIlustrasi TV di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun tidak terlihat, namun di dalam rumah ada banyak benda yang menyimpan debu dan menyebabkan masalah kesehatan seperti alergi dan gangguan pernapasan.

Tak hanya bersarang di benda berbulu seperti karpet atau boneka saja, namun debu ini juga dapat bersarang di beberapa alat elektronik seperti TV hingga mouse komputer.

Dilansir dari Apartment Therapy, Sabtu (27/3/2021), yang perlu diperhatikan bahwa debu adalah silent killer, terutama jika menyangkut perangkat elektronik.

Baca juga: 7 Trik Membuat Rumah Bebas Debu

Karena kebanyakan orang menganggap debu sebagai sesuatu yang jinak, meskipun kejadiannya tidak sedap dipandang, debu sering kali menumpuk di berbagai perangkat elektronik, terutama di bagian belakang, tidak terlihat, dan di luar dugaan. 

Bagian kipas, celah, dan ventilasi seringkali tidak tersentuh selama bertahun-tahun sehingga terjadi penumpukan debu.

Namun disarankan menggunakan udara bertekanan atau lap kamera untuk membersihkan bagian ini secara rutin jika Anda ingin merawat komputer dan komponen elektronik dan menghindari kerusakan karena debu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas, barang elektronik apa saja yang dapat menyimpan debu? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: 8 Cara Mudah Menghilangkan Debu di Rumah

1. Komputer

Banyak memiliki kipas di bagian belakang dan ventilasi di sisinya membuat komputer memiliki kemampuan menyerap debu.

Setidaknya setahun sekali bersihkan dengan menggunakan alat khusus, mungkin lebih banyak di daerah yang penuh debu, lalu seka dengan kain mikrofiber antistatis. Mulailah dengan kipas, lalu pindah ke ventilasi untuk melepaskan debu yang menumpuk.

2. TV

Menyeka layar cukup standar, tetapi seperti komputer, banyak TV besar juga memiliki kipas di belakang membantu mencegah televisi dari panas berlebih. Sedikit udara bertekanan juga akan membantu di sini.

3. Keyboard

Benda lainnya yang dapat menyimpan debu adalah keyboard laptop atau komputer, karena mereka memiliki celah yang memungkinkan debu masuk di dalamnya. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan alat khusus.

Jangan lupa untuk menyeka permukaan keyboar dengan kain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.