Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Kuning, Bunga Matahari Ada yang Cokelat, Ini Cara Merawatnya

Kompas.com - 09/05/2021, 15:34 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga matahari umumnya atau identik berwarna kuning cerah yang segar. Bunga ini memiliki kelopak besar yang mengelilingi pusat cokelat di bagian tengahnya.

Tampilannya yang indah dan unik itu membuat bunga matahari menjadi salah satu bunga populer serta favorit banyak orang. 

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Bunga Matahari di Media Pot

Selain memiliki kelopak bunga yang besar, bunga matahari juga bisa tumbuh tinggi, bahkan mencapai tiga meter di media tanah.

Namun, bunga yang memiliki nama ilmiah Helianthus Annus ini ternyata tidak hanya berwarna kuning. Bunga matahari memiliki warna lain yang tak kalah cemerlang seperti putih krem dan terracotta

Baca juga: Fakta Bunga Matahari, Cantik dan Pernah Jadi Sumber Makanan

Bahkan ada pula yang berwarna cokelat atau dikenal chocolate sunflowers atau bunga matahari cokelat. Sesuai dengan namanya, bunga matahari cokelat memiliki kelopak berwarna merah tua yang tampak seperti cokelat.

Tampilan dan warna bunga matahari cokelat ini tak kalah menarik dengan bunga matahari kuning serta mampu memikat perhatian orang. Bentuknya pun sama dengan bunga matahari kuning. Perbedaannya, hanya pada warnanya saja.

Baca juga: Cara Mudah Menanam Bunga Matahari di Rumah

Begitu pun cara merawat bunga matahari cokelat sama dengan bunga matahari kuning. Melansir dari laman Better Homes & Gardens, dibanding bunga lainnya, bunga matahari tidak memerlukan banyak perawatan serta mudah tumbuh, asalkan memperoleh banyak sinar matahari dan air.

Bunga matahari biasanya dapat tumbuh dalam waktu 80-95 hari setelah ditanam, tergantung waktu menanamnya.

Baca juga: Rahasia Mengubah Warna Bunga Hortensia Sendiri Sesuai Keinginan

Waktu terbaik menanam bunga matahari adalah pada musim kemarau atau saat cuaca panas. Bunga matahari tahan terhadap panas serta selalu menghadap matahari ketika tumbuh. 

Dibanding bunga matahari kuning, jumlah bunga matahari cokelat memang tak banyak, tapi bukan berarti langka. Biji bunga chocolate sunflower mudah ditemukan dan harganya cukup terjangkau. Anda bisa mencari di pekebun, toko tanaman, maupun secara online.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Hortensia yang Cantik dan Berbentuk Unik

Kehadiran bunga matahari cokelat di taman tentunya akan menambah warna dan memberikan semburan warna kontras yang dramatis di taman rumah. Anda bisa menanam bunga matahari cokelat sebagai pembatas antara bunga matahari kuning dan bunga lainnya.

Sebelum menanam bunga matahari, baik berwarna kuning maupun cokelat, disarankan merendam benih atau biji dalam air hangat selama delapan hingga 12 jam demi menghindari benih mati alias tidak tumbuh. 

Baca juga: 5 Manfaat Bunga Geranium Selain untuk Mengusir Nyamuk

Merendam biji bunga matahari ibaratnya melunakkan cangkangnya. Terlepas dari apa pun, menanam bunga matahari cokelat patut dicoba demi mempercantik taman di rumah. Apalagi pada musim panas ini, waktu yang tepat untuk menanam bunga matahari. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com